Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pantun Hasto Sinyal PDIP Serius Pertimbangkan Ridwan Kamil Jadi Cawapres?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Jumat, 30 Juni 2023, 00:21 WIB
Pantun Hasto Sinyal PDIP Serius Pertimbangkan Ridwan Kamil Jadi Cawapres?
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, dan Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto/Net
rmol news logo Aksi saling balas pantun antara Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, dengan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menjadi sinyal bahwa Gubernur Jawa Barat itu tengah ditimbang secara serius oleh partai banteng moncong putih.

"Alasannya, saya menyimak narasi pidato sebelum masuk pantun, beliau (Hasto) mengatakan bahwa '...karena kang Ridwan Kamil begitu banyak membangun tempat bersejarah khususnya terkait perjuangan Bung Karno'. Nah sementara PDI Perjuangan adalah loyalis serta penerus ajaran Bung Karno, tentu saja kami sangat menghargai upaya Kang Emil ini," kata Ketua Komisi I DPRD Jabar, Bedi Budiman, Kamis (29/6).

Di sisi lain, Bedi juga menilai, komunikasi politik melalui berpantun adalah cara berbudaya yang positif. Pasalnya, pantun adalah kekayaan budaya bangsa yang berasal dari sastra lisan Minangkabau "patuntun" atau penuntun.

"Saya kira cara Pak Hasto ini menyegarkan ya, kalau menjadi kebiasan baru dalam khazanah perpolitikan kita. Kita harus menyambut Pilpres 2024 ini dengan sukses dan riang gembira. Bangsa ini sudah belajar dari pengalaman Pilpres 2019 lalu yang begitu mencekam, penuh hoax dan terbelah, semoga tidak terjadi lagi," tutur Bedi.

Pernyataan Hasto yang menyebut Ridwan Kamil sebagai bacawapres Ganjar diungkapkan melalui sebuah pantun. Hasto melempar pantun usai memberi sambutan di hadapan Ridwan Kamil yang turut hadir dalam groundbreaking Monumen Plaza Bung Karno.

"Kang Emil memang kaya prestasi. Memajukan Jabar penuh karya seni. Pemilu akan digelar beberapa bulan lagi. Bacawapres Pak Ganjar ternyata ada di sini," kata Hasto.

Saat maju untuk memberikan sambutan, Ridwan Kamil kemudian membalasnya dengan pantun.

"Burung Cendrawasih, burung bango indah warnanya. Terimakasih Mas Hasto atas pantun-pantunnya," singkat Kang Emil.

Sontak aksi berbalas pantun tersebut mengundang reaksi dari seluruh undangan yang hadir.  rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA