Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Imbas Terlantar di Arafah, Jemaah Lansia Pingsan Usai Lempar Jumroh di Mina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 29 Juni 2023, 14:39 WIB
Imbas Terlantar di Arafah, Jemaah Lansia Pingsan Usai Lempar Jumroh di Mina
Jamaah haji di arafah/Ist
rmol news logo Jemaah haji lanjut usia (Lansia) asal Indonesia pingsan usai melempar jumroh Aqobah di Mina akibat kelelahan dan kesehatannya menurun imbas terlantar di Arafah.

Temuan tersebut diungkapkan Anggota Timwas Haji DPR RI Hasnah Syam saat dirinya juga tengah melakukan prosesi lempar jumroh Aqobah di Mina, Arab Saudi Rabu malam pukul 22.00 Waktu Arab Saudi (28/6).

"Beberapa jamaah yang saya temui mengaku tidak dapat makan usai wukuf di Arafah. Bahkan mereka terkatung-katung di tengah teriknya matahari dengan suhu mencapai 42 derajat saat menunggu bus jemputan hingga sore hari di Arafah," ungkap Hasnah lewat keterangan resminya, Kamis (29/6).

Anggota Komisi IX DPR RI ini juga menyayangkan kurangnya pasokan makanan dan minuman yang memadai untuk jamaah haji Indonesia. Imbasnya, banyak jamaah yang pingsan.

Kata Hasnah Syam, kondisi di Mina, Arab Saudi, jauh lebih berat dibandingkan wukuf di Arafah. Saat wukuf di Arafah saja, ada sekitar tujuh jemaah haji yang wafat menurut pemberitaan media nasional.
 
"Saya desak PPIH (Petugas Penyelenggara Ibadah Haji) segera identifikasi kembali Lansia yang membutuhkan bantuan kursi roda yang telah kami mintakan saat pertemuan dengan Menteri Agama agar disediakan untuk membantu jamaah ke jamarah," tandasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA