Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PDIP Didukung Partai Gurem, Ganjar Pranowo Sulit Menangkan Pilpres 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Minggu, 25 Juni 2023, 15:14 WIB
PDIP Didukung Partai Gurem, Ganjar Pranowo Sulit Menangkan Pilpres 2024
Ganjar Pranowo/Net
rmol news logo Selain diusung PDI Perjuangan, bakal calon presiden Ganjar Pranowo juga mendapat dukungan dari PPP, Hanura, dan Perindo. Di sisi lain partai pendukung pemerintahan Joko Widodo seperti Golkar dan PKB belum memberikan dukungan secara terbuka.

Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul, M. Jamiluddin Ritonga mengatakan partai yang mendukung Ganjar praktis dari partai gurem. Tiga partai itu tentu akan sulit meningkatkan elektoral Ganjar secara signifikan.

Analisa Jamiluddin, kondisi itu akan memaksa PDIP dan Ganjar harus bekerja keras meningkatkan elektoral Ganjar. PDIP dan Ganjar seolah bekerja sendiri untuk memenangkan Pilpres 2024.

"Kalau hanya tiga partai itu yang mendukung Ganjar, maka keinginan PDIP untuk hattrick tampaknya sangat berat. Jangankan untuk menang, masuk putaran keduanya saja tampaknya sangat berat," jelas Jamiluddin kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (25/6).

Menurut mantan Dekan Fikom IISIP Jakarta ini, tidak adanya partai besar yang merapat mendukung Ganjar, mengindikasikan belum ada dukungan total dari Joko Widodo.

Bacaan Jamiluddin, Jokowi tampaknya tidak sepenuhnya mendukung Ganjar. Jokowi masih mendua, bahkan belakangan ini terkesan lebih condong ke Prabowo daripada ke Ganjar.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA