Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kata Menkes Budi, Presiden Jokowi Segera Cabut Status Pandemi Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Senin, 19 Juni 2023, 15:35 WIB
Kata Menkes Budi, Presiden Jokowi Segera Cabut Status Pandemi Covid-19
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin/RMOL
rmol news logo Pemerintah dalam waktu dekat dikabarkan akan segera mencabut status pandemi Covid-19 menjadi endemi.

Disampaikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, pencabutan status pandemi ini akan diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

"Nanti Presiden akan mengumumkan. Beliau sudah memutuskan tanggalnya, cuma lebih baik tunggu beliau," kata Budi Gunadi usai mengikuti rapat kerja di Komisi IX DPR RI, Gedung Nusantara I, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Senin (19/6)

Perubahan status ini seiring dengan keputusan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, yang telah resmi mencabut status kedaruratan Covid-19, pada 5 Mei 2023 lalu.

"Kalau bisa ketemu presiden, tanya deh ke beliau. Beliau sudah kasih ancer-ancer tapi ini wewenang beliau," sambung Budi Gunadi.

Nantinya, kata Budi lagi, pelayanan terhadap pasien Covid-19 tidak ditanggung pemerintah saat status pandemi berubah menjadi endemi. Skema pelayanan untuk pengobatan bisa dialihkan ke BPJS Kesehatan.

Selanjutnya, di masa endemi, virus Covid-19 akan dianggap sebagai penyakit umum seperti flu. Vaksinasi Covid-19 di masa endemi akan menggunakan produk dalam negeri Vaksin Merah Putih.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA