Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Berharap Tetap Bareng Golkar pada Pemilu 2024, PAN Ajukan Syarat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Jumat, 16 Juni 2023, 17:32 WIB
Berharap Tetap Bareng Golkar pada Pemilu 2024, PAN Ajukan Syarat
Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi/Net
rmol news logo Partai Amanat Nasional (PAN) menginginkan tetap bersama dengan Partai Golkar dan PPP di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Namun, karena PPP memilih ikut mendukung bakal calon presiden dari PDIP, PAN tinggal berharap tetap bersama Golkar pada Pemilu 2024.

“Minimal antara PAN dan Golkar tetap dalam satu pilihan yang sama,” kata Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (16/6).

Akan tetapi, lanjut Viva, pilihan yang sama dengan Golkar itu pun ada syaratnya. Yaitu ditentukan oleh besaran nilai elektabilitas figur yang diusung berdasarkan hasil lembaga survei yang kredibel. Bukan didasarkan jumlah kursi di DPR.

“Sebab pemilihan langsung oleh rakyat diukur dari elektabilitas figur, bukan dari besaran kursi,” jelasnya.

Dari pandangan tersebut, Viva menilai bahwa figur Menteri BUMN Erick Thohir menjadi jawaban yang bagus dalam menentukan sosok cawapres.

“Mengapa begitu? Karena figur cawapres harus dapat memberikan tambahan intensif elektoral kepada calon presiden dalam rangka menambah potensi kemenangan di pilpres,” tutur Viva.

Dengan elektabilitas yang tinggi sebagai cawapres, Viva meyakini bakal menjadi modal sosial dan politik Erick Thohir untuk menjadi salah satu figur yang menjadi prioritas  agar dipertimbangkan oleh seluruh bakal capres dari partai koalisi pemerintah.

“Apakah itu Mas Ganjar Pranowo atau Pak Prabowo Subianto,” tuturnya.

“Istilahnya, apapun makanannya, minumannya teh botol sosro. Siapapun capresnya, cawapresnya Mas Erick Thohir,” tutup Viva. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA