Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ginandjar Kartasasmita: Digital Boom Harus Dimanfaatkan untuk Tingkatkan Ekonomi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 14 Juni 2023, 01:57 WIB
Ginandjar Kartasasmita: Digital Boom Harus Dimanfaatkan untuk Tingkatkan Ekonomi
Mantan Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Industri RI Ginandjar Kartasasmita/Ist
rmol news logo Indonesia harus memanfaatkan potensi "digital boom" untuk meningkatkan perekonomian nasional. Sejauh ini, manfaat tersebut sudah dirasakan oleh start up yang tumbuh di Indonesia.

Begitu dikatakan mantan Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Industri RI Ginandjar Kartasasmita dalam Kuliah Umum tentang Pembangunan Indonesia pada Executive Program for Young Political Leaders Golkar Institute Angkatan ke-12, di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta, Selasa (13/6).

"Di Indonesia sedang terjadi digital boom, salah satu efeknya akan mengurangi biaya logistik yang selama ini menjadi beban berat bagi negara yang terpisahkan dalam pulau-pulau," ujar Ginandjar.

Dikatakan dia, Indonesia sejatinya memiliki potensi pasar ekonomi digital yang cukup besar dan terus berkembang.

"Potensi yang besar ini memberikan harapan yang besar pula bagi Indonesia untuk meningkatkan pendapatan, memperluas kesempatan kerja dan memperlancar konektivitas antarwilyah," tuturnya.

Menurutnya, faktor yang mendorong digital boom adalah populasi usia muda dalam jumlah besar yang sangat mengerti digital, penetrasi tinggi pengguna smartphone yang memfasilitasi pengguna e-commerce, dan situs media sosial bagi transaksi jual beli barang dan jasa.

Ia menyebutkan bahwa meningkatnya popularitas pembayaran digital sejalan dengan meningkatnya transaksi online.

Selanjutnya Ginandjar juga menyebut pentingnya negara menyediakan pelayanan dasar yang berkualitas bagi masyarakat di sektor pendidikan dan kesehatan.

"Negara harus memberikan pelayanan pendidikan sebaik-baiknya, harus bisa dirasakan oleh semua masyarakat," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA