Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kawal Sidang UU Cipta Kerja, Besok Serikat Buruh Geruduk MK

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Minggu, 04 Juni 2023, 20:50 WIB
Kawal Sidang UU Cipta Kerja, Besok Serikat Buruh Geruduk MK
Presiden Partai Buruh Said Iqbal/RMOL
rmol news logo Serikat Buruh dari berbagai elemen akan melakukan unjuk rasa di depan Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) dan Istana Negara pada Senin besok (5/6) pukul 10.30 WIB.

Presiden Partai Buruh Said Iqbal menyebut massa aksi diperkirakan berjumlah dua ribu buruh yang berasal dari 4 konfederasi besar di Indonesia yaitu KSPI, ORI KSPSI, KPBI, dan KSBSI.

 "Ada juga Serikat Petani Indonesia dan aliansi nelayan, 60 federasi serikat buruh tingkat nasional seperti FSPMI, SPN, FSP-KEP, dsb, termasuk miskin kota, PRT, organisasi perempuan PERCAYA, serta guru dan tenaga honorer,” kata Iqbal, Minggu (4/6).

Aksi ini dilakukan bersamaan dengan sidang kedua uji formil Omnibus Law UU Cipta Kerja yang diajukan Partai Buruh ke Mahkamah Konstitusi.

Said Iqbal mengatakan bahwa ada empat tuntutan yang disuarakan Partai Buruh bersama organisasi serikat buruh.

"Pertama, cabut omnibus lau UU Cipta Kerja. Kedua, tolak RUU Kesehatan. Ketiga, sahkan RUU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga. Dan keempat, cabut Permenaker No 5 Tahun 2023,” jelas Said Iqbal.

Selain tuntutan di atas, Partai Buruh juga akan menyuarakan dua isu politik, yaitu revisi parliamentary threshold 4 persen dari suara sah nasional yang harus juga dimaknai 4 persen dari jumlah kursi DPR RI dan cabut presidential threshold 20 Persen.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA