Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Versi Litbang Kompas Golkar Lebih Disukai Dibanding PDIP, Modal Besar Kemenangan 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 24 Mei 2023, 12:39 WIB
Versi Litbang Kompas Golkar Lebih Disukai Dibanding PDIP, Modal Besar Kemenangan 2024
Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto/Ist
rmol news logo Popularitas Partai Golkar jauh mengungguli partai politik lain yang terdaftar sebagai peserta Pemilu 2024. Bahkan, partai pimpinan Airlangga Hartarto ini melesat di atas PDIP dan Gerindra.

Berdasarkan survei Litbang Kompas pada 29 April hingga 10 Mei 2023, tingkat pengenalan dan kesukaan Golkar mencapai 86 persen. Posisi kedua ada PDIP dengan 83,8 persen. Sementara Gerindra hanya mampu berada di urutan keempat dengan 81,2 persen.

Kepopuleran dan tingkat kesukaan ini menjadi modal besar Golkar dalam  mencapai kemenangan di Pemilu 2024.

Hasil survei tersebut juga menunjukkan kepemimpinan Airlangga Hartarto sangat baik di mata masyarakat. Baik posisinya sebagai ketua umum partai maupun sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian di kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo.

“Partai Golkar memang alhamdulillah dinilai publik dapat memainkan peran-peran yang sangat strategis,” ujar Ketua DPP Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily.

Hasil apik ini bukan kali pertama diraih Golkar. Pada survei bulan Januari lalu, partai berlambang pohon beringin ini juga menempati urutan teratas tingkat kepopuleran versi survei Litbang Kompas. Saat itu, tingkat pengenalan responden terhadap partai berlambang pohon beringin mencapai 86,3 persen.

Merujuk hasil survei tersebut, peneliti senior Litbang Kompas, Yohan Wahyu meyakini Golkar tetap berada di papan atas pada Pemilu 2024.

"Golkar sudah memiliki basis pemilih loyal yang diperhitungkan," kata Wahyu. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA