Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Golkar Sumsel Daftarkan 75 Bacaleg ke KPU, Mantu Alex Noerdin Kini Nyaleg dari Jawa Barat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Minggu, 14 Mei 2023, 05:18 WIB
Golkar Sumsel Daftarkan 75 Bacaleg ke KPU, Mantu Alex Noerdin Kini Nyaleg dari Jawa Barat
DPD Partai Golkar Sumsel resmi mendaftarkan 75 Bacaleg ke KPU Sumsel/RMOLSumsel
rmol news logo Petahana DPRD Sumsel dari Partai Golkar, Fatra Radezayansyah, memastikan maju kembali di Pileg 2024 mendatang. Namun, Fatra yang juga menantu mantan Gubernur Sumsel, Alex Noerdin, ini akan maju sebagai Bacaleg Partai Golkar di Jawa Barat.

Hal itu diungkapkan Ketua Harian DPD sekaligus Ketua DPRD Sumsel, RA Anita Noeringhati, saat mendaftarkan 75 bakal calon anggota legislatif (bacaleg) ke KPU Sumsel, Sabtu (13/5).

"Ya Fatra mencalonkan dari Provinsi Jawa Barat," kata Anita, dikutip Kantor Berita RMOLSumsel.

Selain itu dari 13 petahana yang ada, ada 2 orang yang maju ke DPR RI. Yaitu dirinya (Anita Noeringhati) dan Marzuki yang maju dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sumsel I.

"Semua mencalonkan hanya satu orang yang maju karena alasan kesehatan dan saya sendiri maju ke DPR RI," jelasnya.

Dalam kesempatan itu Anita menuturkan, partainya menyerahkan 75 Bacaleg sesuai 100 persen kuota dengan keterwakilan perempuan minimal 30 persen.

"Semua dinyatakan lengkap, target tidak muluk-muluk untuk kemenangan di Sumsel dan pusat. Keterwakilan perempuan 2024 Bacaleg yang punya bobot bukan pelengkap, tapi betul saring dan bisa mewakili Sumsel dan InsyaAllah meraih kemenangan," tutur Anita.

Untuk muka baru, Anita menerangkan, dalam politik sudah biasa ada yang masuk dan keluar. Seperti mantan Ketua DPD PAN Ogan Ilir Rusdi Tahar yang akan maju DPRD Sumsel Dapil OKI-OI.

"Banyak (muka baru) karena prinsipnya Partai Golkar partai terbuka, dan animo masyarakat dan tokoh cukup tinggi, sehingga kami memilih yang terbaik dari yang terbaik," jelasnya.

Sementara itu, hingga sehari sebelum berakhirnya masa penyerahan dokumen pendaftaran Balon DPD dan Bacaleg DPRD Sumsel dari parpol, KPU Sumsel sudah menerima 13 Parpol dan 20 Balon DPD.

Di mana pada Sabtu 13 Mei 2023, terdapat 6 Parpol yang mendaftar hampir berbarengan. Yaitu Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Ummat, Partai Golkar, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Demokrat, dan Partai Gerindra.

"Kita masih tunggu Balon DPD dan Bacaleg yang belum menyerahkan dokumen pendaftaran hingga besok (Minggu, 14/5)," kata Ketua KPU Sumsel Amrah Muslimin. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA