Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Seleksi Caleg PSI Jakarta Fair Tanpa Intervensi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 10 Mei 2023, 14:31 WIB
Seleksi Caleg PSI Jakarta <i>Fair</i> Tanpa Intervensi
Partai Solidaritas Indonesia (PSI)/Net
rmol news logo Proses penyaringan calon legislatif dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DKI Jakarta diklaim telah dilalui secara profesional. Dari 800 pendaftar, tersaring menjadi 106 yang diajukan untuk ikut Pemilu 2024.

"Proses seleksi fair dan profesional," kata Caleg PSI Dapil 8 Jakarta Selatan, Danang Wikanto kepada wartawan, Rabu (10/5).

Ia menjabarkan, proses penyaringan caleg melibat berbagai tokoh masyarakat hingga pengamat politik dan aktivis antikorupsi.

Adapun proses penyaringan dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama, kata dia, tersaring 519 orang. Setelah diseleksi kembali, terpilih 106 orang.

"Penyaringan itu berlangsung fair dan tanpa intervensi pihak mana pun," sambung Danang.

Sementara itu, pengamat komunikasi politik Gun Gun Heryanto mengapresiasi cara partai pimpinan Giring Ganesha ini yang menjaring caleg dari berbagai unsur.

"Ini bentuk political literacy mainstreaming karena ini lebih terbuka untuk siapa pun bisa mencalonkan diri. Kemudian ada proses evaluasi di awal melibatkan pihak independen dan itu bisa saling menguatkan," kata Gun Gun yang ikut terlibat sebagai panelis independen dalam proses seleksi tersebut. rmol news logo article

EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA