Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bagian Rezim Jokowi, Demokrat Keberatan PKS Usulkan Sandiaga Uno Jadi Bakal Cawapres

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Selasa, 09 Mei 2023, 15:26 WIB
Bagian Rezim Jokowi, Demokrat Keberatan PKS Usulkan Sandiaga Uno Jadi Bakal Cawapres
Koordinator Jurubicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra/RMOL
rmol news logo DPP Partai Demokrat menghormati pernyataan Presiden PKS Ahmad Syaikhu yang membuka peluang untuk Menparekraf Sandiaga Uno diusulkan sebagai bakal cawapres untuk Anies Baswedan.

Hanya saja, DPP Partai Demokrat keberatan jika Sandiaga Uno harus didapuk menjadi bakal cawapres untuk Anies Baswedan di Pemilu 2024.

Demikian ditegaskan Koordinator Jurubicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra dalam keterangan tertulisnya, Selasa (9/5).

“Usulan Ustadz Syaikhu sangat kami hormati dan apresiasi karena tiap dari anggota koalisi, bisa mengusulkan siapa saja. Kami menghormati Mas Sandi karena pernah berjuang bersama di Pilpres 2019. Hanya, kalau berjuang kembali di 2024, sepertinya berat,” kata Herzaky.

Sebab, sambungnya, Sandiaga saat ini menjabat Menparekraf di Kabinet Indonesia Maju alias menjadi anak buah Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sedangkan Demokrat memilih berada di luar pemerinatahan Presiden Jokowi atau oposisi.  

“Beliau sudah memilih mendukung Pak Joko Widodo dan meninggalkan pendukungnya di Pilpres 2019 dengan masuk di kabinet. Jadi, bersimpangan jalan pula dengan kami yang memilih di luar kabinet,” tegasnya.

“Posisi beliau juga sudah jelas. Bagian dari status quo. Pemerintahan saat ini. Sedangkan kami memperjuangkan perubahan,” imbuh Herzaky.

Adapun, kata Herzaky, mengenai sosok capres-cawapres Koalisi Perubahan seharusnya merupakan representasi perubahan. “Bukan titipan Presiden Jokowi, LBP, ataupun bagian dari status quo, siapapun itu,” ketusnya.

Namun begitu, Herzaky menegaskan bahwa sikap Demokrat sangat jelas terhadap pencapresan Anies Baswedan di Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).

“Kita sudah berikan mandat ke Mas Anies memilih cawapres dan membentuk pasangan yang bisa memenangkan Pilpres 2024. Bukan mengulangi kekalahan di Pilpres 2019,” tandasnya.

Sebelumnya, Presiden PKS Ahmad Syaikhu membuka pintu kepada mantan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno jika memang ingin kembali berjuang bersama di Pilpres 2024 mendatang.

Menurut Syaikhu, selama ini Sandiaga disambut baik oleh seluruh kader ketika menghadiri acara partai dalam kapasitasnnya sebagai seorang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Kapasitas beliau sebagai seorang menteri tentu berkeliling kota/kabupaten yang menjadi tanggungjawab beliau. Tentu ini sangat mungkin juga saya menerima beliau dan teman-teman di dapil juga menerima," kata Syaikhu pada Selasa (9/5).rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA