Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Saiful Anam: Selain Usung Ganjar, Jokowi Berhasrat Ingin Kuasai Gubernur Jakarta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Senin, 24 April 2023, 10:35 WIB
Saiful Anam: Selain Usung Ganjar, Jokowi Berhasrat Ingin Kuasai Gubernur Jakarta
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo/Net
rmol news logo Manuver politik Presiden Joko Widodo diyakini tidak akan berhenti pada pengusungan Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Direktur Pusat Riset Politik, Hukum, dan Kebijakan Indonesia (PRPHKI), Saiful Anam berpandangan, Jokowi akan berusaha mendapatkan ruang kekuasaan hingga ke taraf daerah.

"Selain agenda penaklukan PDIP oleh Jokowi, bisa jadi ada agenda barter politik untuk meneruskan posisi trah Jokowi, baik di tingkatan Gubernur Jateng maupun DKI Jakarta," ujar Saiful Anam kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (24/4).

Akademisi Universitas Sahid Jakarta ini menilai, sangat mungkin Jokowi menginginkan Jawa Tengah dan DKI Jakarta dipimpin oleh orang-orang terdekat, termasuk anak-anaknya.

"Ini tentu sangat wajar. Untuk mempertahankan kekuasaan, maka perlu diteruskan oleh orang-orang terdekatnya. Maka dari itu Jokowi sangat berkepentingan agar Ganjar dapat meneruskan Jokowi, sehingga Jateng atau DKI Jakarta dapat dengan mudah diraih oleh Gibran (putra Jokowi), misalnya," kata Saiful.

Jika skenario tersebut berjalan mulus, bukan tidak mungkin PDIP akan berada di bawah bayang-bayang Jokowi. Hal itu sudah terlihat dengan pengusungan Ganjar sebagai capres yang disinyalir bukan keinginan murni PDIP.

"Maka lengkap sudah kekuasaan Presiden Jokowi, tidak hanya dapat memangku kepala pemerintahan, namun juga berkuasa penuh terhadap PDIP dan Megawati," pungkas Saiful. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA