Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pengamat: Bicara Elektoral, Prabowo Bacawapres Paling Kuat untuk Dampingi Ganjar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 24 April 2023, 01:57 WIB
Pengamat: Bicara Elektoral, Prabowo Bacawapres Paling Kuat untuk Dampingi Ganjar
Presiden Jokowi saat bersama Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo meninjau panen raya di Kebumen, Jawa Tengah (9/3)/Net
rmol news logo Secara realitas elektoral, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto wajar disebut sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) terkuat untuk menampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, yang barus aja diumumkan sebagai calon presiden PDI Perjuangan.

Begitu dikatakan Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya mengomentari dinamika menuju Pilpre 2024, setelah Ganjar resmi diumumkan menjadi capres.

“Paling ideal kalau kita berbicara calon wakil presiden, yang secara elektoral akan memungkinkan pasangan ini sangat kuat adalah Pak Prabowo,” kata Yunarto Wijaya kepada wartawan, Minggu (23/4).

Berdasarkan survei capres Lembaga Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) April 2023, Ganjar berada di posisi teratas dengan suara 26,8 persen, mengungguli Prabowo Subianto yang mendapat dukungan 25,4 persen.

Hasil tersebut, kata Yunarto, menunjukkan Ganjar punya kekuatan terbesar secara elektoral dan Prabowo ada di nomor dua. Menurutnya, duet Ganjar-Prabowo akan semakin kuat apabila terwujud.

“Dua-duanya ini kan peringkat satu dan peringkat dua. Dua-duanya simbol kalangan nasionalis juga, tentu saja ini hal yang paling ideal,” katanya.

Yunarto menekankan pentingnya menurunkan ego dari masing-masing elit partai politik. Baik bagi petinggi PDIP yang mengusung Ganjar sebagai bacapres, maupun Gerinda yang dipimpin Prabowo.

“Akan berbeda situasinya kalau dalam waktu lima bulan ke depan menjelang pendaftaran, ada salah satu di antaranya elektabilitasnya melampaui yang lain, saya pikir yang elektabilitasnya jauh di bawah mungkin akan berfikir realistis untuk menjadi pemenang,” pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA