Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Meski Capres PDIP Ganjar Pranowo, Potensi Koalisi Besar Masih Terbuka

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 22 April 2023, 22:14 WIB
Meski Capres PDIP Ganjar Pranowo, Potensi Koalisi Besar Masih Terbuka
Presiden Jokowi saat bersama 5 Ketum Parpol pendukung pemerintah/Ist
rmol news logo Pembentukan Koalisi Besar diprediksi masih terbuka, meski Ganjar Pranowo dideklarasikan sebagai calon presiden (capres) 2024 oleh PDI Perjuangan.
HUT 79 RI

Begitu analisa pengamat politik Citra Institute, Yusak Farchan, saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (22/4).

Ia menjelaskan, dideklarasikannya Ganjar sebagai capres oleh PDIP justru membuka peluang parpol pemerintahan Presiden Joko Widodo bergabung.

Yusak menyebutkan, setidaknya ada dua Poros Koalisi parpol Koalisi pemerintahan  yang akan bergabung, yaitu Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

"Potensi terbentuknya Koalisi besar masih terbuka sepanjang ada titik temu soal capres cawapres antara PDIP, KKIR dan KIB," ujar Yusak.

Menurutnya, kehadiran Jokowi dalam deklarasi Ganjar di Batutulis, Bogor, Jawa Barat, pada Jumat kemarin (21/4), juga menunjukan peranannya dalam suksesi Pilpres 2024 mendatang.

"Terkait dukungan Jokowi kepada Prabowo, tentu menjadi bagian dari strategi yang dimainkan Jokowi untuk tetap "menaruh telur" di banyak keranjang," tuturnya.

"Bagaimana pun Jokowi berkepentingan menjadi king maker pilpres 2024," sambungan yang menambahkan.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA