Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jerry Massie: Jangan Sepelekan Koalisi Langsing

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 04 April 2023, 12:48 WIB
Jerry Massie: Jangan Sepelekan Koalisi Langsing
Prabowo Subianto dan Anies Baswedan/Net
rmol news logo Koalisi gendut yang merupakan gabungan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) memang berpeluang, tapi jangan serta merta menyepelekan koalisi yang secara kuantitas lebih langsing.

Peringatan itu disampaikan Direktur Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie, menanggapi sinyalemen terbentuknya koalisi gendut, fusi  antara KIB dan KIR. Ke-5 Parpol anggota dua koalisi itu memang baru saja menggelar pertemuan.

“Itu (pertemuan yang terjadi antara mereka) untuk merapatkan barisan,” kata Jerry, kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (4/4).

Dijelaskan, barisan itu akan jadi corong cukup kuat. Dia bahkan memprediksi bakal menjadi juara umum, karena punya kursi mayoritas di DPR. Bila benar, pengusung utama Presiden Joko Widodo, PDI Perjuangan pun bakal tunduk.

“Dengan begitu hanya akan ada 2 Capres. PDIP otomatis bakal memilih bergabung dengan koalisi Prabowo dan koleganya, atau gabung dengan Koalisi Perubahan yang digagas Surya Paloh,” tuturnya.

Karena ada opsi koalisi lain, yakni PDIP gabung Koalisi Perubahan yang digawangi Nasdem bersama Demokrat dan PKS, maka koalisi gendut bakal menghadapi jalan tidak mudah.

“Tak menutup kemungkinan koalisi langsing yang dipimpin Nasdem bersama Partai Demokrat dan PKS bakal jadi lawan tangguh bagi gerbong koalisi besar,” kata Jerry.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA