Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kritik Sektor Pertanian, AHY: Wong Cilik Belum Dapat Perhatian

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Selasa, 14 Maret 2023, 18:20 WIB
Kritik Sektor Pertanian, AHY: <i>Wong Cilik</i> Belum Dapat Perhatian
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono/RMOL
rmol news logo Perhatian negara terhadap para petani dinilai masih minim. Hal itu antara lain ditunjukkan dari 143 juta angkatan kerja, sektor pertanian hanya menyumbang 38 juta tenaga kerja, atau sekitar 26 persen.

Seharusnya, sektor pertanian bisa menjadi penyerap tenaga kerja paling utama sebagai bentuk perhatian negara terhadap “wong cilik”.

“Sayangnya sektor wong cilik ini justru belum mendapat perhatian,” sesal Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dalam pidato politiknya di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Selasa (14/3).

Tak hanya penyerapan tenaga kerja sektor pertanian, AHY juga mengkritik anggaran Kementerian Pertanian yang juga minim.

“Tahun ini saja, anggarannya hanya Rp 15 triliun, angka ini setara dengan alokasi APBN untuk sektor pertanian tahun 2014, padahal postur APBN 2023 ini Rp 700 triliun lebih besar dari 2014 yang lalu,” cetusnya.

Atas dasar itu, putra sulung Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu bakal memperjuangkan nasib para wong cilik yang kurang mendapatkan perhatian negara. Melalui kebijakan ekonomi, termasuk kebijakan fiskal yang tepat, adil, dan berorientasi pada peningkatan kesejahteraan rakyat.

“Jadi jika ada yang bertanya, perubahan dan perbaikan apa yang sedang diperjuangkan oleh Partai Demokrat? Maka para kader sekalian jawablah pelaksanaan satu agenda perubahan,” pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA