Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bargaining Politik PAN Semakin Nyata Usai Rakornas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Sabtu, 11 Maret 2023, 15:10 WIB
<i>Bargaining</i> Politik PAN Semakin Nyata Usai Rakornas
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan/RMOL
rmol news logo Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Partai Amanat Nasional (PAN) yang sudah berlangsung di Semarang pada 25 sampai 27 Februari 2023 dianggap berhasil memperkuat posisi tawar partai pimpinan Zulkifli Hasan itu.

Menurut politisi muda PAN, Syafrudin Budiman, Zulhas, sapaan Zulkifli Hasan mampu menggabungkan tiga kekuatan politik untuk menilai PAN sebagai keuatan politik utama.

Hal itu tercermin dengan kehadiran Presiden Joko Widodo, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Menteri BUMN Erick Thohir di Rakornas.

"Bang Zulhas jeli menyusun kekuatan politik nasional di arena Rakornas PAN di Semarang. Simbol Jokowi, Ganjar, dan Erick yang sejalan dan sevisi dengan perjuangan PAN adalah combine political power yang nyata," ujar Syafrudin Budiman kepada wartawan, Sabtu (11/3).

Presiden Jokowi adalah representasi pemerintah. Ganjar Pranowo representasi kaum nasionalis di Jawa Tengah, sedangkan Erick Thohir adalah representasi kalangan profesional yang didukung basis Nahdlatul Ulama (NU).

"Kedekatan PAN dengan kandidat capres-cawapres yang dekat dengan Presiden Jokowi ini memiliki nilai kekuatan yang tinggi. Bargaining PAN dalam Pilpres 2024 semakin nyata," tegasnya.

Jika penggabungan tiga kekuatan politik ini berlanjut hingga Pilpres 2024, maka PAN makin memiliki kapasitas dan kapabilitas sebagai partai yang dilirik sebagai kendaraan capres dan cawapres.

"PAN akan menjadi partai politik strategis yang dibutuhkan sebagai kendaraan politik di Pilpres 2024," tutupnya. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA