Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sama-sama Belum Punya Capres, PDIP Berpeluang Gabung KIB

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Jumat, 10 Maret 2023, 18:19 WIB
Sama-sama Belum Punya Capres, PDIP Berpeluang Gabung KIB
Direktur Eksekutif FIXPOLL Indonesia, Mohammad Anas RA/Ist
rmol news logo PDI Perjuangan berpotensi bergabung dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri dari Golkar, PPP dan PAN.

Direktur Eksekutif FIXPOLL Indonesia, Mohammad Anas RA, menyebut salah satu faktornya adalah karena PDIP dan KIB sama-sama belum menentukan Capres-cawapres.

"Jika melihat sejarah koalisi partai politik selama sistem pilpres secara langsung, maka PDI Perjuangan memiliki sejarah bersama dengan dua anggota parpol koalisi KIB dalam koalisi pilpres," kata Anas kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (10/3).

Tercatat, PDI Perjuangan dua kali berkoalisi dengan PPP di pilpres 2004 dan 2019. Selanjutnya PDIP Perjuangan dua kali berkoalisi dengan Golkar di pilpres 2004 dan 2019.

"PDI Perjuangan belum pernah berkoalisi dengan PAN di Pilpres," urai Anas.

Adapun dengan Partai PKS dan Demokrat yang saat ini ada di koalisi perubahan, PDIP belum pernah berkoalisi. Sedangkan PDI Perjuangan dua berkoalisi dengan Nasdem.

"Faktor figur Anies Baswedan dan anggota partai koalisi poros perubahan yang menutup peluang berkoalisi poros PDI Perjuangan karena beda visi bernegaranya," pungkasnya. rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA