Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bawaslu Dorong KPU Buka Seluruh Proses Tahapan Pemilu 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 06 Januari 2023, 11:46 WIB
Bawaslu Dorong KPU Buka Seluruh Proses Tahapan Pemilu 2024
Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja/Net
rmol news logo Tahapan pelaksanaan Pemilu Serentak 2024 yang telah berjalan pada 2022 lalu mendapat sejumlah catatan kritis dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI.

Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja, menyampaikan pokok catatan kritis tersebut dalam diskusi bersama Koalisi Pewarta Pemilu (KPP) bertajuk "Catatan Kinerja Pengawasan Pemilu Tahun 2022 dan Proyeksi Tahun 2023" di Kantor Bawaslu RI, Jalan MH Thamrin, Gondangdia, Jakarta Pusat, Kamis (5/1).

"Catatan kritis kami, tetap pertama kali mengingatkan KPU agar membuka seluruh proses tahapan penyelenggara pemilu dengan baik kepada masyarakat," ujar Bagja.

Pengalaman lalu yang diharapkan tidak terulang, disebutkan Bagja, adalah mengenai akses data bagi Bawaslu RI yang pada tahun 2022, khususnya pada pelaksanaan verifikasi parpol calon peserta Pemilu Serentak 2024, sangat terbatas.

"(Seperti tahapan) pencalonan DPD, pemutakhiran data pemilih yang sekarang juga sudah dimulai," urai anggota Bawaslu RI dua periode ini memberi contoh tahapan yang diharapkan dilakukan terbuka oleh KPU RI.

"Oleh karena itu saya kira, secara bersama-sama baik KPU maupun Bawaslu melakukan penyelenggaraan pemilu pada saat ini," demikian Bagja. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA