Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sudah Beda Fatsun Politik, Jokowi Disarankan Segera Evaluasi Menteri dari Nasdem

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 26 Desember 2022, 23:05 WIB
Sudah Beda Fatsun Politik, Jokowi Disarankan Segera Evaluasi Menteri dari Nasdem
Tiga menteri dari partai Nasdem/net
rmol news logo Konsen publik dan termasuk elite politik mulai tahun 2023 besok diprediksi bakal bergeser tak lagi kepada Presiden Joko Widodo. Hal ini yang menurut sejumlah pemerhati politik bisa menjadi pemantik dilakukannya reshuffle kabinet.

Demikian pendapat Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia, Ali Rif'an, saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL pada Senin (26/12).

Ia menjelaskan, salah satu yang cukup nampak dari dinamika politik saat ini adalah perbedaan arah politik satu parpol koalisi pemerintahan Presiden Jokowi, yaitu Partai Nasional Demokrat (Nasdem).

"Satu partai yang posisinya sebagai mitra koalisi tapi di sisi lain punya fatsun politik yang berbeda dengan Jokowi, dengan membangun koalisi yang diberi nama 'Koalisi Perubahan'," ujar Ali.

"Dari namanya saja sudah memberikan simbol bahwa dia anti Jokowi," sambungnya menegaskan.

Namun ketika mendengar rencana Jokowi akan melaksanakan perombakan atau reshuffle Kabinet Indonesia Maju dengan mengganti sejumlah menteri yang kini masih menjabat, Ali yang kini tengah menjadi mahasiswa doktoral ilmu politik Universitas Indonesia memandang itu sudah tepat diaktualisasikan.

"Nah ini juga, (menteri-menteri dari Partai Nasdem) perlu dievaluasi, apakah tetap dilanjutkan di barisan kabinet dengan persyaratan-persyaratan tertentu, atau dikeluarkan dari barisan kabinet. Ini juga menentukan nanti," tuturnya.

"Karena harus diakui tahun 2023 ini tahun politik. Fokus semua masyarakat atau elit politik akan bergeser dari presiden jokowi ke capres 2024 mendatang. Maka isu reshuffle sangat relevan jika kita melihat timing-nya," demikian Ali menambahkan. rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA