Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Arah Kebijakan Jokowi Dianggap Meningkatkan Kualitas SDM

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Sabtu, 17 September 2022, 23:02 WIB
Arah Kebijakan Jokowi Dianggap Meningkatkan Kualitas SDM
Presiden Joko Widodo/Net
rmol news logo Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai telah menghadirkan beragam kebijakan yang mendorong peningkatan kualitas sumber daya (SDM) Tanah Air. Kondisi demikian merupakan modal penting dalam menghadirkan kemajuan bangsa di masa depan.
 
Optimsme percepatan kemajuan sudah semakin terwujudkan dan dapat dirasakan. Sejumlah program yang diluncurkan Pemerintahan Jokowi berhasil menyasar langsung pada inti persoalan pengembangan SDM Indonesia.

Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Fauzan mengatakan, arah kebijakan yang diluncurkan Jokowi sudah berada pada posisi yang tepat. Utamanya dalam peningkatan kualitas serta penciptaan SDM unggul berdaya saing.

“Saya kira berbagai upaya telah dilakukan karena saya juga berkecimpung di dunia pendidikan. Tentu saja merdeka belajar menjadi tonggak dalam pengembangan SDM,” kata Fauzan dalam keterangan tertulis, Sabtu (17/9).

Fauzan menuturkan salah satu program Jokowi yang menurutnya sangat penting untuk pengembangan SDM, yaitu melalui Merdeka Belajar. Menurut dia program tersebut adalah aspek penting untuk menuntun anak-anak didik menemukan minat dan bakatnya.

Dia memaparkan Merdeka Belajar ini merupakan konsep belajar yang tujuannya untuk membuat peserta ajar sesuai dengan kompensi dan kemampuan diri. Karena dengan itu, nantinya menjadikan materi kelas bukanlah sumber satu-satunya dalam belajar.

Mereka, lanjut dia, diberikan kebebasan untuk  mengakses ilmu-ilmu lainnya di luar materi pembelajaran kelas. Sumber yang dimaksudkan meliputi mulai dari internet, perpustakaan, hingga kepekaan terhadap komdisi dan lingkungan sekitar.

“Konsekuensi-konsekuensi logis dari Merdeka Belajar saya kira sangat strategis untuk meningkatkan kualitas SDM,” ujar Fauzan. rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA