Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Direktur PPI: Surya Paloh Sedang Berparadoks Belum Tentu Mengusung Anies

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 16 Juni 2022, 21:50 WIB
Direktur PPI: Surya Paloh Sedang Berparadoks Belum Tentu Mengusung Anies
Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno/Net
rmol news logo Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh sedang berparadoks lantaran tidak menjadikan hasil voting mayoritas Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) sebagai penentu pemilihan tiga bakal calon presiden 2024 yang akan diusungnya.

Begitu pemaknaan komunikasi politik Surya Paloh yang dibaca Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno, saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (16/6).

Adi mengatakan, Surya Paloh terlihat bertentangan dengan hasil voting 34 DPW Nasdem yang mayoritas memilih Anies Baswedan, dengan menyatakan bahwa hasil voting DPW bukan jadi tolak ukur dalam menentukan tiga bakal capres pilihan Nasdem.

"Paradoks ya. Karena di satu sisi DPW-DPW ingin Anies tapi Pak Surya Paloh tidak menjamin (Anies) bakal dijadikan bakal capres," ujar Adi.

Pertimbangan Surya Paloh sehingga harus berparadoks, menurut Adi adalah karena dua hal. Pertama menjaga pemilihnya untuk tetap mendukung Nasdem pada Pemilu Serentak 2024 nanti.

"Pastinya Nasdem ingin menjaga suasana batin politiknya kondusif, terutama bagi pemilihnya yang selama ini banyak berjarak dan sangat keras dengan Anies efek pembelahan Pilkada 2017. Kan salah satu yang keras melawan Anies itu adalah ] basis pemilihnya Nasdem," tuturnya.

Kemudian pertimbangan kedua Surya Paloh adalah terkait dengan hubungannya dengan Presiden Joko Widodo.

"Tentu soal psikologi politiknya dengan Jokowi. Kan sangat kelihatan sekali (Nasdem) kubu pemerintah, dan istana sangat anti dengan Anies, kok ini tiba-tiba muncul dalam Rakernas mereka, tentu tidak bagus dalam psikologi politik ya," katanya.

"Makanya wajar, bisa dipahami kalau kemudian hasil suara DPW itu langsung direspon Pak Paloh, karena ingin menjaga kondusif hubungannya dengan Pak Presiden dan basis konstituennya Nasdem," tandas Adi.

Di sela-sela penyelenggaraan Rakernas Partai Nasdem hari ini, Surya Paloh menanggapi hasil voting 34 DPW Partai Nasdem yang hasilnya mengarah kepada Anies Baswedan yang memperoleh 32 suara.

Sementara di posisi kedua ada nama Ganjar Pranowo yang memperoleh 29 suara. Kemudian disusul Erick Thohir 16 suara, Rachmat Gobel 14 suara, serta Jendral Andika Perkasa 13 suara.

Sury Paloh menyatakan dua nama figur yang mendapat voting paling banyak, yakni Anies dan Ganjar, belum tentu dipilihnya menjadi bakal capres 2024.

"Belum tentu. Karena pada dasarnya pembobotan yang kita lakukan itu sama, siapapun itu," demikian Surya Paloh sat diwawancarai wartawan di sela kegatan Rakernas di Hotel Sultan, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Kamis (16/6). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA