Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sertifikasi Halal Penggilingan Bakso, KPEU MUI Gandeng APMISO

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Selasa, 15 Agustus 2017, 20:34 WIB
Sertifikasi Halal Penggilingan Bakso, KPEU MUI Gandeng APMISO
Azrul (kiri)
rmol news logo Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat (KPEU) Majelis Ulama Indonesia (MUI) melakukan kunjungan ke berbagai penggilingan bakso di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, (Selasa, 15/8).

KPEU MUI menjajaki kerja sama dengan Asosiasi Pedagang Mie dan Bakso (APMISO) Indonesia untuk membuat Sistem Jaminan Halal (SJH) dalam proses Penggilingan Bakso.

"Bentuk kerjasama antara MUI dengan Pedagang Bakso nantinya adalah pembuatan Pusat Inkubasi Bisnis Syariah Bakso Halal pertama di Indonesia," kata Ketua KPEU, Azrul Tanjung.

Azrul menjelaskan dalam proses panjang pembuatan bakso dari awal hingga akhir, tahap yang paling rentan terkontaminasi barang tidak halal adalah di penggilingan bakso. Karena para konsumen penggilingan membawa bahan makanan sendiri-sendiri yang akan digiling, entah dari mana asalnya bahan makanan tersebut.

"Makanya, MUI bersama APMISO ingin membuat pengawasan yang sangat ketat dan maksimal dalam tahap penggilingan bakso ini. Sejak dari daging, tepung, sayur, minyak, dan berbagai bahan lain, semua harus terjamin kehalalannya dalam proses penggilingan bakso," tandasnya.

Dalam waktu dekat, MUI dan APMISO akan segera merealisasikan Pilot Project PINBAS Bakso Halal dengan APMISO.

Dalam tinjauan ini, KPEU menemukan mayoritas tempat-tempat penggilingan bakso yang ada di berbagai pasar di Indonesia, masih jauh dari jaminan 100% halal dan higienis. Padahal, sebagian besar penjualan daging sapi secara nasional, lebih banyak diserap oleh pedagang bakso.

"Ini adalah gagasan pertama di Indonesia untuk membuat Sertfikasi Halal atas tempat penggilingan bakso. Sebelumnya, sertifikasi halal hanya diberikan kepada Rumah Potong Hewan. Sekarang, MUI harus menjamin kepastian halal dari seluruh penggilingan daging di seluruh pasar di Indonesia," pungkas Azrul Tanjung. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA