Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Maju Pilgub Papua, Irjen Paulus Sebaiknya Dibatalkan Jadi Kapolda Sumut

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Rabu, 14 Juni 2017, 07:29 WIB
Maju Pilgub Papua, Irjen Paulus Sebaiknya Dibatalkan Jadi Kapolda Sumut
rmol news logo Anggota DPRD Sumatera Utara dari Fraksi PDI Perjuangan, Sutrisno Pangaribuan, menyoroti langkah Irjen Paulus Waterpauw mandaftar menjadi calon gubernur Papua.

Menurutnya, Kapolri Jenderal Tito Karnavian harus meninjau ulang mutasi Irjen Paulus dari Wakil Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Polri menjadi Kapolda Sumut berdasarkan Telegram Kapolri Nomor ST/1408/VI/2017.

"Saya kira pendaftaran Pak Paulus untuk maju di Pilkada Papua sudah mengindikasikan bahwa konsentrasi beliau sudah terbagi antara karir kepolisian dan politik," katanya kepada RMOLSumut.com, Selasa (13/6).

Politisi PDI Perjuangan ini menjelaskan, situasi kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) yang terjaga dengan baik di Sumatera Utara saat ini tidak terlepas dari konsentrasi seorang Kapolda dalam memimpin institusi kepolisian.

Dan ia menilai hal ini sudah dijalankan dengan sangat baik oleh Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel yang saat ini sudah menjabat jabatan baru Gubernur Akpol.

"Memimpin Sumatera Utara itu saya kira tidak bisa tanpa konsentrasi penuh," ujarnya.

Sutrisno berkeyakinan, sosok Irjen Paulus memiliki prestasi yang sangat baik ditubuh Polri. Namun menurutnya secara khusus keinginan Paulus untuk maju di pemilihan Gubernur Papua akan membuat konsentrasinya memimpin kepolisian di Sumut akan terganggu.

"Saya sangat yakin konsentrasi beliau nantinya akan terpecah antara memimpin kepolisian di Sumut dan menggalang kekuatan politik di Papua untuk memenangkannya," demikian Sutrisno. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA