Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kongres Maritim Diharapkan Lahirkan Asosiasi Pemda Berbasis Kepulauan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Minggu, 02 April 2017, 13:27 WIB
Kongres Maritim Diharapkan Lahirkan Asosiasi Pemda Berbasis Kepulauan
rmol news logo Kongres Maritim dan Kepulauan yang digelar Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Indonesia (HMPI) pada 20-22 September 2017 mendatang di Makassar bakal dihadiri ratusan kepala daerah.

Optimisme tersebut disampaikan Ketua Dewan Pengarah Kongres Maritim dan Kepulauan Marjani Sultan dalam pertemuan dengan Ketua Umum HMPI Andi Fajar Asti di Makassar tadi malam.

Selain diramaikan kepala daerah, acara sekaligus menyukseskan Hari Maritim Nasional tersebut juga akan dihadiri Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Menteri Dalam Negeri RI, Menteri Kelautan dan perikanan RI, Menteri Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI dan Kepala Bappenas RI.

Marjani yang pernah menjabat Ketua Umum HMPI (dulu Forum Mahasiswa Pascasarjana Indonesia) periode 2002-2004 menyatakan bahwa Kongres nantinya akan menghasilkan blue print titik fokus pembangunan maritim Indonesia  dan rekomendasi untuk pemerintah pusat terkait pembangunan dan potensi ekonomi kawasan maritim dan kepulauan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Selayar ini juga berharap Kongres dapat melahirkan wadah berkumpulnya pemerintah daerah yang berbasis kemaritiman dan kepulauan dalam bentuk asosiasi sehingga menjadi ajang konsolidasi seluruh pemerintah daerah untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Rencana pembentukan asosiasi ini ditegaskan juga oleh Ketua Umum HMPI, Andi Fajar Asti. Menurutnya, rencana itu sangat strategis dapat mendorong percepatan pembangunan kawasan pesisir dan pulau-pulau di Indonesia.

Kandidat doktor Ilmu Lingkungan di Universitas Sains Malaysia dan Universitas Negeri Jakarta ini berharap bahwa asosiasi yang terbentuk nantinya akan menjadi knowladge sharing antar pemerintah daerah, pihak investor dan perguruan tinggi. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA