Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jupiter Aerobatic Team Bikin Heboh Pengunjung Semarak Dirgantara 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Minggu, 29 September 2024, 01:53 WIB
Jupiter Aerobatic Team Bikin Heboh Pengunjung Semarak Dirgantara 2024
Jupiter Aerobatic Team (JAT) TNI Angkatan Udara tampil memukau dalam acara Semarak Dirgantara 2024 di Lapangan Terbang Fasi Pantai Depok, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Sabtu (28/9)/Dinas Penerangan TNI AU
rmol news logo Aksi para pilot TNI Angkatan Udara (AU) yang tergabung dalam Jupiter Aerobatic Team (JAT) membuat acara Semarak Dirgantara 2024 yang digelar di Lapangan Terbang FASI Pantai Depok, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Sabtu (28/9), semakin meriah.

Dengan pesawat KT-1 Wongbee berwarna merah dan putih yang mencerminkan warna bendera nasional Indonesia, Jupiter Aerobatic Team mempersembahkan aksi memukau di langit Yogyakarta.

Jupiter Aerobatic Team yang terdiri dari 4 pesawat mengawali aksi dengan formasi anak panah. Dipimpin oleh Danskadik 102, Letkol Pnb Ferdian Habibi, manuver Jupiter Roll jadi aksi pembuka.

Selanjutnya, ditampilkan manuver Barrel Roll dengan formasi "Permata", mencerminkan kesiapan TNI AU dalam menjaga wilayah kedaulatan udara Indonesia.

"Penampilan berikutnya, Clover Leaf, menggambarkan rasa percaya diri dan kebersamaan, disertai aliran smoke. JAT melanjutkan dengan Roll Back, yang menunjukkan kemampuan dalam berputar dan mundur membentuk vulcan formation," tutur Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau), Marsekal Pertama (Marsma) Ardi Syahri, dalam keterangan resminya, Sabtu (28/9).

Tak hanya disitu, publik makin terpukau dengan aksi Tango to Diamond Loop, yang memperlihatkan ketepatan gerakan pesawat, diikuti oleh Snake Loop dan Hi-G Turn yang menegaskan keterampilan JAT dalam melukis langit Yogyakarta.

Manuver Screw Roll juga menjadi sorotan, di mana pesawat-pesawat The Jupiters melakukan putaran dengan kekuatan gravitasi yang signifikan.

Penampilan pun ditutup dengan Loop and Bomb Burst.

Jupiter Aerobatic Team memiliki rekam jejak yang solid dalam berbagai event nasional dan internasional, termasuk peringatan 100 tahun penerbangan di Thailand, Singapore Air Show, MotoGP Mandalika Series, dan Bali International Air Show, serta event lainnya.

Adapun penerbang JAT dalam Semarak Dirgantara 2024 terdiri dari Jupiter-1, Letkol Pnb Habibi “Corbie” lulusan AAU 2005; Jupiter-2, Kapten Pnb Stefan “Harrier” lulusan AAU 2012; Jupiter-3, Kapten Pnb Made “Medved” lulusan AAU 2011; dan Jupiter-4, Mayor Pnb Bayu “Meerkat” lulusan AAU 2009.

Serta seluruh rangkaian aksi Jupiter Aerobatic Team ini dipandu oleh Kapten Pnb Finandika. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA