Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tiga Bulan "Digembleng", 461 Prajurit Terima Pembaretan Marinir

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Senin, 16 September 2024, 05:39 WIB
Tiga Bulan "Digembleng", 461 Prajurit Terima Pembaretan Marinir
Prajurit Marinir/Ist
rmol news logo Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi memimpin pembaretan 461 prajurit di Pantai Baruna Kondang Iwak, Dusun Sumberpucung,  Desa Tulungrejo,  Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada Sabtu (14/9).

Pidato Presiden Soekarno saat penganugerahan Panji “Unggul Jaya” kepada Korps Komando Angkatan Laut (KKO AL) yang sekarang Korps Marinir  dan pembacaan Surat Pesan Terakhir Prajurit KKO AL Usman dan Harun jadi penanda rangkaian pembaretan 461 Prajurit Baret Ungu.

Setelah pembaretan, Endi memimpin pengucapan Janji Prajurit Korps Marinir dilanjutkan dengan demonstrasi ketangkasan dan yel-yel dari Prajurit Muda Korps Marinir.

Adapun 461 Prajurit Petarung Korps Marinir terdiri 119 prajurit yang melalui pendidikan pertama bintara (dikmaba) dan 342 prajurit yang menjalani pendidikan pertama tamtama (dikmata) telah menjalani kawah candradimuka Pendidikan Komando (Dikko) Korps Marinir Angkatan 174 selama kurang lebih 90 hari.

Mereka digembleng dan harus mampu melewati lima tahapan latihan mulai dari  tahap dasar komando, tahap kemampuan dan ketahanan di laut, tahap pertempuran hutan, tahap teknik dan taktik perang gerilya, dan terakhir tahap lintas medan Banyuwangi menuju Pantai Baruna Kondang Iwak Malang Selatan.

Semua tahap dilalui oleh prajurit sebagai upaya untuk mewujudkan sumber daya manusia yang profesional, modern dan tangguh, serta  menjadikan prajurit siap ditempatkan di seluruh penjuru Indonesia.

“Kualifikasi Komando serta Baret Ungu  berlambang Keris Samudera yang kalian kenakan bukan hanya sekedar pelengkap seragam kalian, namun merupakan identitas kalian sebagai Prajurit Pasukan Pendarat Amfibi Korps Marinir TNI Angkatan Laut. Hal ini menandai bahwa mulai saat ini, kalian harus berpola pikir dan berpola tindak, sesuai dengan Janji Prajurit Korps Marinir yang telah kalian ucapkan beberapa saat yang lalu,” ucap Endi dalam keterangan resmi yang diterima redaksi, Minggu (15/9).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Komandan Kodiklatal Letjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, Wadan Kodiklatal Laksda TNI Eko Wahjono, Danpasmar 1, Danpasmar 2, Danpasmar 3, Pejabat Utama Korps Marinir.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA