Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lima Jenderal Bintang Empat Hadiri HUT ke-79 TNI AL di Teluk Jakarta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Selasa, 10 September 2024, 21:51 WIB
Lima Jenderal Bintang Empat Hadiri HUT ke-79 TNI AL di Teluk Jakarta
Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun TNI Angkatan Laut Ke-79 di Geladak Heli KRI dr. Widyodiningrat-992 yang berlayar di Teluk Jakarta pada Selasa (10/9)./Dinas Penerangan AL
rmol news logo Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut ( TNI AL) menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun Ke-79 yang jatuh pada setiap tanggal 10 September. Upacara ini dipusatkan di Geladak Heli KRI dr. Widyodiningrat-992 yang berlayar di Teluk Jakarta pada Selasa (10/9).

Upacara ini dipimpin langsung Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto didampingi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali.

Sebanyak 38 KRIdikerahkan TNI AL dalam peringatan ini untuk melaksanakan Sailling Pass. Mulai dari Kapal perang tipe Multi Role Light Frigate (MLRF), PKR, SIGMA, Kapal Layar Legendaris KRI Dewa Ruci, Combat Boat, KRI kelas Landing Platform Dock (LPD), 26 Pesud dari Pusat Penerbangan TNI AL, hingga Alutsista Strategis kekuatan bawah air Kapal Selam TNI AL.

Selain Alutsista milik TNI AL, kegiatan Sailing Pass ini juga diikuti oleh kapal-kapal dari Polairud, KKP, Bea Cukai, Bakamla, Basarnas, KPLP dan Kapal Ikan Indonesia (KII).

Adapun, tema Peringatan HUT ke-79 TNI AL tahun ini “Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe TNI AL Siap Mewujudkan Nusantara Baru Indonesia Maju” 

Selain Sailing Pass ditampilkan juga berbagai demonstrasi yang dipersembahkan oleh para prajurit TNI AL, mulai dari atraksi udara dari Tim Rajawali Laut Flight (RaLF) Puspenerbal, serta Flying Pass dari unsur Kapal Perang, Helikopter dan Pesawat Udara milik TNI AL.

Pada demonstrasi Pasukan Khusus TNI AL, mengerahkan sekitar 200 prajurit yang terdiri dari personel Pasukan Elit dari satuan Detasemen Jalamangkara (Denjaka), Komando Pasukan Katak, serta Batalyon Intai Amfibi Korps Marinir, dengan didukung dua unit unsur udara Cassa 212 dari Pusat Penerbangan TNI AL.

Dalam amanatnya, Panglima TNI mengatakan bahwa Upacara hari jadi ke-79 TNI AL tahun 2024 ini menjadi sangat istimewa. Momentum bersejarah ini melambangkan tranformasi organisasi TNI AL menuju organisasi yang semakin modern dan mampu beradaptasi dengan perkembangan lingkungan strategis yang dinamis.

"Atraksi yang ditampilkan oleh Prajurit TNI AL di laut merupakan modal untuk ditampilkan kembali pada perayaan HUT TNI 5 Oktober di Monas nanti," kata Ali.

Selain Panglima TNI, HUT TNI AL tahun ini juga dihadiri oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, KSAU Marsekal TNI Mohamad Tony Harjono, para Kasal dari masa ke masa, para Pejabat Utama Mabes TNI, para Pejabat Utama Mabesal, para Pangkotama TNI AL, para Pejabat Kementerian/Lembaga, Forkopimda DKI Jakarta, Ketua Umum Jalasenastri beserta pengurus, Mitra Kemaritiman dan sejumlah masyarakat yang ikut serta berlayar di atas KRI Banda Aceh-593.rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA