Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

TNI dan Prajurit Lintas Negara Asah Kemampuan Siber di SGS 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Jumat, 30 Agustus 2024, 10:16 WIB
TNI dan Prajurit Lintas Negara Asah Kemampuan Siber di SGS 2024
Latihan Gabungan Bersama (Latgama) Super Garuda Shield (SGS) 2024 di Pusat Latihan Kapal Perang (Puslatkaprang) Koarmada II Ujung Surabaya, Jawa Timur/Puspen TNI
rmol news logo Latihan keamanan siber menjadi salah satu menu dalam serial Latihan Gabungan Bersama (Latgama) Super Garuda Shield (SGS) 2024 di Pusat Latihan Kapal Perang (Puslatkaprang) Koarmada II Ujung Surabaya, Jawa Timur pada Kamis (29/8).
HUT 79 RI

Dikutip dari Puspen TNI, Jumat (30/8), dalam Latgama terdapat dua latihan berbasis ruangan yakni Cyber Exercise (Cyberex) serta Staff Exercise (Staffex).

Cyber Exercise merupakan salah satu metode latihan keamanan siber. Di mana materi yang diberikan tidak hanya mengenai bagaimana meningkatkan keamanan dalam menghadapi serangan siber, namun juga kemampuan untuk melakukan serangan balik terhadap lawan.

Dua latihan ini melibatkan ratusan prajurit multinasional yang mewakili berbagai negara.

Selain Cyber Exercise, Staff Exercise atau biasa dikenal dengan istilah Gladi Posko juga menjadi menu Latgama SGS 2024.

Gladi Posko merupakan metode latihan taktis tanpa pasukan yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan prosedur hubungan komandan dan staf dalam merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan operasi militer utamanya dalam proses pengambilan keputusan. 

Adapun materi yang dilatihkan terkait kemampuan cara proses pengambilan keputusan militer serta koordinasi antar negara dalam menyelesaikan misi yang diskenariokan.

Peserta latihan saling belajar dengan berkolaborasi dan berinteraksi dalam penyelesaian permasalahan skenario latihan dan memperkuat kerjasama lintas batas antar negara.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA