Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rotasi Besar-Besaran TNI: Pangkostrad, Kasum, Kapuspen Diganti

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Sabtu, 27 Juli 2024, 12:44 WIB
Rotasi Besar-Besaran TNI: Pangkostrad, Kasum, Kapuspen Diganti
Panglima TNI, Jenderal Agus Subiyanto/Ist
rmol news logo Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI), Jenderal Agus Subiyanto melakukan mutasi dan promosi terhadap 256 perwira tinggi (Pati) di tiga matra Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Udara (AU).

Mutasi dan rotasi itu berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/851/VII/2024 dan hasil sidang Wanjakti Tahun Anggaran 2024 pada 18 Juli 2024.

Pada keputusan Panglima tersebut, beberapa jabatan strategis turut dirotasi. Di antaranya, Kepala Staf Umum (Kasum) TNI, Letjen Bambang Ismawa dimutasi ke Pati Mabes AD karena memasuki masa pensiun.

Posisi Letjen Bambang akan diganti Letjen Richard T H Tampubolon yang sebelumnya menjabat Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III.

Jabatan yang ditinggal Letjen Richard kini ditempati Mayjen Bambang Trisnohadi yang sebelumnya menjabat Pangdam IX Udayana. Posisi ini sekaligus membuat Bambang naik pangkat menjadi Letjen.

Sementara Pangdam Udayana kini dijabat Mayjen Muhammad Zamroni.

Selanjutnya, posisi Inspektorat Jenderal TNI dari Laksamana Madya Dadi Hartanto kini dijabat oleh Letjen Muhammad Saleh Mustafa yang sebelumnya menjabat Pangkostrad.

Adapun Pangkostrad kini dijabat Mayjen Muhammad Hasan yang sebelumnya sebagai Pangdam Jaya. Posisi Pangdam Jaya kemudian diisi Mayjen Rafael Granada Baay meninggalkan posisi Pangdam V Brawijaya.

Rotasi juga terjadi di posisi Pusat Penerangan (Puspen). Kapuspen yang sebelumnya dijabat Mayjen Nugraha Gumilar kini diganti mantan Kasdam XVII Cendrawasih, Brigjen Hariyanto. Mayjen Nugraha akan menjadi dosen tetap Universitas Pertahanan.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen Kristomei Sianturi dirotasi ke Danmentar Akademi Militer. Posisi Kristomei akan digantikan oleh Kol Wahyu Yudhayana yang sebelumnya menjabat sebagai Kapuskodalad.

Dalam rotasi dan mutasi ini, masih ada lagi posisi kewilayahan, satuan kerja, dan staf khusus Kepala Staf serta penempatan di kementerian.rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA