Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pesawat Hercules Kedua Pesanan Prabowo Tiba di Jakarta Rabu Mendatang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Minggu, 25 Juni 2023, 12:36 WIB
Pesawat Hercules Kedua Pesanan Prabowo Tiba di Jakarta Rabu Mendatang
Pesawat C-130J-30 Super Hercules/Ist
rmol news logo Pesawat C-130J-30 Super Hercules pesanan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia dengan nomor registrasi A-1340 akan segera tiba di Jakarta.

A-1340 saat ini sedang dalam penerbangan pengantaran (ferry flight) menempuh jarak separuh dari lingkaran bumi dari pabriknya, yakni di Lokcheed Martin AS.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma Agung Sasongkojati mengatakan, pesawat pesanan kedua ini mengawali penerbangan pada Jumat kemarin (23/6).

"Take off dari Marietta di barat laut kota Atlanta Georgia AS pukul 09.00 waktu setempat menuju San Diego AS, dan setelah melewati Samudra Pasifik dan singgah di Kepulauan Hawai, Kepulauan Marshall dan Kepulauan Guam. Diperkirakan akan tiba di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, pada Rabu (28/6), pukul 14.24 WIB," jelas Kadispenau, Minggu (25/6).

Pesawat Super Hercules kedua TNI AU diterbangkan langsung oleh lima kru pabrik Lockheed Martin, terdiri dari tiga orang tes pilot, seorang enginer dan seorang loadmaster.  

Pesawat C-130J-30 merupakan pesawat kedua dari lima yang dipesan Menteri Prabowo Subianto untuk TNI AU. Sementara pesawat yang pertama sudah datang pada awal Maret 2023 lalu.   

"Rencananya pesawat ketiga akan datang pada Juli 2023, dilanjutkan pesawat keempat pada Oktober 2023 dan pesawat kelima pada Januari 2024," sambungnya.

Kelima pesawat akan ditempatkan di Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, untuk melaksanakan tugas-tugas TNI AU dalam mendukung angkutan udara baik untuk misi Operasi Militer Perang (OMP) maupun Opersi Militer Selain Perang (OMSP).rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA