Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tiba di Prancis, KRI Bima Suci Perkenalkan Budaya Indonesia di Parade Kapal Layar L'Armada Rouen 2023

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Rabu, 14 Juni 2023, 22:37 WIB
Tiba di Prancis, KRI Bima Suci Perkenalkan Budaya Indonesia di Parade Kapal Layar L'Armada Rouen 2023
KRI Bima Suci disambut meriah saat tiba di Rouen, Prancis/Ist
rmol news logo Usai menempuh pelayaran selama 9 hari dan menerjang cuaca yang cukup buruk di Teluk Bisqey selama beberapa hari, KRI Bima Suci akhirnya tiba di Grand Port Maritime, Rouen, Prancis pada Senin malam (12/6) waktu setempat.

Kedatangan KRI Bima Suci di Rouen dalam rangka menghadiri event parade kapal layar bergengsi berskala internasional yakni L'Armada Rouen 2023, yang digelar mulai 8 hingga 18 Juni 2023 di Kota Rouen, Prancis.

Kedatangan KRI Bima Suci pada etape ketujuh di Prancis ini disambut oleh Panglima Koarmada RI Laksdya TNI Heru Kusmanto, Asathan RI Prancis Mayor Arh Nugroho Budi Prasetyo, Deputy Consular Minister, Koordinator Fungsi Politik KBRI Prancis.

Turut menyambut, Président de L'Armada Jean Paul Rivière, Vice President Pierre Bellanger, Capitaine de Vaisseau (Kolonel Laut) Christian Bardou, serta Capitaine de Corvette (Mayor) Guillaume Rueda.

Dalam event L'Armada Rouen 2023, para kru KRU Bima Suci turut memperkenalkan berbagai kesenian dan budaya Indonesia. Sekaligus memperlihatkan kepada dunia kapal latih layar tiang tinggi milik TNI Angkatan Laut (TNI AL) KRI Bima Suci sebagai penerus pendahulunya yakni sang legenda KRI Dewaruci yang berusia puluhan tahun dan telah mengarungi berbagai belahan dunia.

L'Armada Rouen 2023 merupakan event yang istimewa bagi KRI Bima Suci. Karena ini adalah pertama kalinya KRI Bima Suci mengikuti event di Eropa sejak dibuat di Vigo, Spanyol, pada 2017 silam.

Dalam event yang diikuti oleh 44 kapal layar dari 42 negara ini, KRI Bima Suci merupakan kapal layar terbesar yang hadir pada event berskala internasional tersebut.

Rencananya KRI Bima Suci akan sandar selama 6 hari dan melaksanakan sejumlah rangkaian kegiatan L’Armada 2023. Serta pembekalan Dubes RI Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Prancis, Mohammad Omar, pembekalan Pangkoarmada RI, L'Armada crew parade, kunjungan kehormatan kepada pejabat setempat, hingga Open Ship.

Pada 18 Juni 2023, rangkaian acara akan ditutup dengan kegiatan grand parade day yaitu konvoi oleh seluruh kapal peserta meninggalkan event L'Armada Rouen. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA