Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KSAL Yang Baru Diharapkan Jaga Kedaulatan Di Laut

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/soraya-novika-1'>SORAYA NOVIKA</a>
LAPORAN: SORAYA NOVIKA
  • Rabu, 23 Mei 2018, 17:15 WIB
KSAL Yang Baru Diharapkan Jaga Kedaulatan Di Laut
Nono Sampono/RMOL
rmol news logo Jabatan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) resmi diisi Laksamana Madya Siwi Sukma Adji. KSAL yang baru diharapkan membangun AL sebagai alat pertahanan negara dalam rangka menjaga kedaulatan dan hukum di laut.

"Sekaligus komponen pertahanan untuk mengawal proses pembangunan nasional khususnya berbasis maritim," ujar Wakil Ketua DPD RI Letjend TNI Mar (Purn) Nono Sampono di Ruang Diskusi Media Center DPR RI, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (23/5).

Nono berharap KSAL yang baru dapat menjalankan fungsinya untuk membina dan mempersiapkan AL sebagai alat pertahanan negara dalam rangka menjaga kedaulatan di laut.

Tidak hanya hanya menjaga kedaulatan dalam negeri saja, KSAL TNI baru ini juga diharapkan dapat menjamin keamanan poros maritim dunia.

"Berikutnya dalam rangka mendukung poros maritim dunia, alur laut pelayaran di Indonesia ini kan ada tiga ALKI (Alur Laut Kepulauan Indonesia) yang harus aman digunakan untuk kepentingan internasional, kita tau perjalanan arus barang ke dan dari asia pasifik ini 90% dari Indonesia sehingga jaminan keamanan itu harus ada. Oleh karena itu kekuatan itu harus dibangun," pungkasnya.[dem]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA