Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pasis Dikreg Seskoal Cetak Siswa Calon Pemimpin TNI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 20 April 2018, 23:25 WIB
Pasis Dikreg Seskoal Cetak Siswa Calon Pemimpin TNI
Foto: Istimewa
rmol news logo Pasis Dikreg Seskoal Angkatan 56 TP 2018 melaksanakan kegiatan Forum Strategi II dan KKDN di wilayah Medan, Tanjung Balai Asahan, Dumai, Tanjung Balai Karimun dan Batam/Tanjung Pinang, 16-25 April 2018.

Pasis Dikreg Seskoal Angkatan 56 TP 2018 itu dipimpin langsung oleh Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Sulistiyanto untuk melaksanakan kegiatan Forum Strategi II dan Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN).

Kegiatan yang bertema Pemberdayaan Potensi Sumber Daya Nasional Dalam Rangka Mendukung Strategi Pertahanan Negara di Laut ini bertempat di Selat Malaka dan Selat Singapura sebagai area of interest dengan tempat penelitian meliputi Medan, Tanjung Balai Asahan, Dumai, Tanjung Balai Karimun dan Batam/Tanjung Pinang.

Masing-masing jurusan dilaksanakan oleh 27 orang Pasis dan 6 orang perwira pembimbing yang terdiri dari 125 orang siswa TNI AL, 4 orang siswa dari TNI AD dan TNI AU serta 6 orang siswa dari Negara sahabat (Australia, India, Fiji, Malaysia, Pakistan dan Singapura).

"Kegiatan ini harus ditempuh oleh para pasis sebagai calon Pemimpin TNI/TNI AL di masa yang akan datang, agar mampu mengambil keputusan terbaik dengan berbagai permasalahan yang dihadapi, khususnya dalam konteks Strategi Pertahanan Negara di Laut, ” jelas Sulistiyanto, Jumat (20/4).

Menurutnya, tujuan dari kegiatan ini adalah membekali para Pasis Dikreg Seskoal Angkatan 56 agar dapat mengumpulkan data tentang potensi sumber daya nasional aspek maritim di suatu wilayah dengan melaksanakan penelitian, peninjauan dan kunjungan di berbagai instansi sipil maupun militer di tiap daerah tersebut.

"Nantinya dapat merumuskan postur dan struktur kekuatan TNI Angkatan Laut serta perkiraan resiko dalam mendukung konsepsi Strategi Pertahanan Negara di Laut, ” tambahnya.

Selain itu, lanjut Sulistiyanto, Pasis juga melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa kuliah kerja dengan melaksanakan penelitian tentang kondisi dan kultur masyarakat daerah dalam berbangsa dan bernegara serta bela negara dalam rangka pertahanan negara di laut.

"Kegiatan ini sekaligus sebagai pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi karena pasis lulusan Seskoal nantinya akan menyandang gelar Magister Terapan Aspek Pertahanan Laut, ” tandasnya. [sam]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA