Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jenderal Spanyol: Kinerja Pasukan Garuda TNI Sangat Membanggakan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Selasa, 16 Januari 2018, 09:12 WIB
Jenderal Spanyol: Kinerja Pasukan Garuda TNI Sangat Membanggakan
Fransisco Javier Romero, Arfan Johan Wihananto, dan Taufiq Hidayat/Puspen TNI
rmol news logo Komandan Sektor Timur Unifil (United Nations Interim Force In Lebanon), Brigadir Jenderal Fransisco Javier Romero Mari menyatakan apresiasinya atas kinerja Pasukan Garuda XXIII-L misi perdamaian PBB di Lebanon.

Keberadaan Pasukan Garuda diterima masyarakat setempat dan dinilainya telah berhasil berkomunikasi dengan warga sekitar, khususnya yang berada di wilayah terlarang yang selama ini susah menerima keberadaan PBB.

Hal tersebut dikatakan Jenderal asal Spanyol itu beserta delegasi saat mengunjungi Kompi C (Charlie) Satgas Batalyon Mekanis Konga XXIII-L/Unifil atau Indonesia Battalion (Indobatt) di UN-Posn 9-2 Az-Ziqqiyah, Lebanon Selatan, Senin (15/1) waktu setempat.
 
"Wilayah itu berada di sekitar Kompi C (Charlie) Satgas Indobatt Konga XXIII-L/Unifil, di mana beberapa waktu lalu Letkol Inf Arfan Johan Wihananto S.I.P. selaku Komandan Satgas Indobatt, dan perwiranya dapat melakukannya. Hal ini sangat membanggakan sekali," kata Jenderal Fransisco Javier.
 
Kedatangan Brigjen Fransisco Javier beserta delegasi ke Kompi C disambut langsung oleh Komandan Satgas Indobatt Konga XXIII-L/Unifil Letkol Inf Arfan Johan Wihananto didampingi Komandan Kompi C Kapten Mar Taufiq Hidayat serta beberapa perwira lainnya.
 
Setelah menerima paparan singkat dari Kapten Mar Taufiq Hidayat tentang Area of Responsibility (AoR) Kompi C, Brigjen Fransisco Javier didampingi Dansatgas Indobatt Konga XXIII-L/Unifil mengelilingi Markas Kompi serta menaiki anjungan peninjauan, dilanjutkan dengan pengecekan fasilitas-fasilitas perlengkapan yang ada di Kompi C.
 
Dalam kesempatan tersebut, Brigjen Fransisco Javier mengatakan bahwa Satgas Indobatt Konga XXIII-L/Unifil dipercaya untuk mengemban tugas yang besar.
"Wilayah operasional Kompi C sangatlah vital, di mana daerah ini merupakan alur masuk pengungsi dari Suriah dan Palestina menuju Lebanon," ucapnya.
 
“Tingkatkan terus kesiapan dan kewaspadaan tentang hal-hal yang menonjol serta selalu berkoordinasi dengan LAF (Lebanese Armed Forces) untuk menjaga stabilitas keamanan di daerah ini,” tegasnya, menambahkan.
 
Menurut dia, Lebanon masih memiliki daerah-daerah yang dinilai rawan bagi Unifil, akan tetapi Satgas Indobatt Konga XXIII-L/Unifil berhasil masuk dan bertemu dengan para tokoh masyarakatnya.
 
"Persepsi masyarakat Lebanon terhadap kehadiran prajurit TNI asal Indonesia sangat positif dan simpatik karena keramahannya mereka berkenan menerima kehadiran Satgas Indonesia Battalion atau Indobatt," tuturnya.

Sebelum mengakhiri kunjungannya, Fransisco Javier menyampaikan ucapan terima kasih dan merasa bangga kepada Pasukan Garuda Indobatt.

"Selama penugasan satu tahun, Pasukan Garuda agar selalu menjaga moril, karena saya yakin rasa jenuh dan bosan pasti mereka rasakan. Untuk itu, pimpinan yang baik harus selalu menjaga itu termasuk kesejahteraan anggotanya," pungkasnya.
 
Kunjungan diakhiri dengan penyerahan cindera mata dari Kompi C untuk Brigjen Fransisco Javier yang diserahkan oleh Kapten Mar Taufiq Hidayat, dilanjutkan foto bersama.[wid]
 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA