Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ganti Kapolda, Satgas Tinombala Tak Terganggu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Jumat, 12 Januari 2018, 17:50 WIB
rmol news logo Jabatan Kapolda Sulawesi Tengah telah diganti dari Brigjen Pol Rudy Sufahriadi kepada Brigjen Pol I Ketut Argawa, meski berganti operaso Tinombala tidak terganggu. Nantinnya, Penanggung Jawab Komando Operasi (PJKO) akan  diemban Brigjen I Ketut Argawa.

"Operasi masih terus berjalan dengan pola  preventif mengedepankan Babinkamtibmas. Tujuannya supaya terus mendekat dengan masyarakat dan mencegah pelaku masuk ke masyarakat,” kata Kabid Humas Polda Sulteng AKBP Hari Suprapto di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (12/1).

Operasi Tinombala pertama kali digelar pada Januari 2016 yang lalu, sehingga saat ini merupakan perpanjangan operasi untuk mengejar sisa anggota teroris jaringan Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Santoso

"Kini tinggal tujuh orang saja yang masih buron. Hasil informasi mereka masih bersembunyi di hutan Gunung Biru, Taman Jeka,  Poso. Mereka diperkirakan menguasai satu senjata organik baby M-16, beberapa senjata rakitan,  dan bom rakitan,” sambungnya.

Tujuh orang itu rinciannya adalah dua asal Poso bernama Ali Muhammad alias Ali Kalora alias Ali Ambon dan Muhammad Faisal alias Namnung alias Kobar.  Sisanya, yang asal Bima, NTB, adalah Qatar alias Farel,  Nae alias Galuh, Basir alias Romzi, Abu Alim, dan Kholid.

“Kita harap mereka yang tersisa itu mau turun gunung karena kita masih mengejar dan terus melakukan penyekatan. Saat ini ada satu batalyon anggota TNI-Polri dalam Operasi Tinombala. Rinciannya satu kompi dari Kor Brimob dan sisanya dari organik lokal,” sambungnya.

Meski hanya tinggal tujuh orang mereka dianggap tetap berbahaya. Insiden terakhir adalah saat Simson alias Suju (30), seorang petani yang hendak mengambil durian di kebunnya, tewas ditembak Agustus tahun lalu.

Dia ditembak di pegunungan Pora, Desa Parigimpu, Sausu, Kabupaten Parigi Moutong. Kuat dugaan dia ditembak anggota MIT yang masih buron itu. [san]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA