Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Siapakah Pengganti KSAU Hadi Thahjanto?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 07 Desember 2017, 03:42 WIB
Siapakah Pengganti KSAU Hadi Thahjanto?
Foto/Net
rmol news logo Marsekal TNI Hadi Tjahjanto lolos uji kepatutan dan kelayakan sebagai Panglima TNI yang dilaksanakan di DPR, Rabu (6/12).

Usai menjalani serangkaian tes yang dilakukan Komisi I DPR, Hadi disambut rekan seangkatannya saat di Akabri tahun 1986.

Ada hal yang menarik setelah Hadi memengang komando TNI, yaitu beberapa perubahan jabatan strategis di tubuh TNI.

Setelah Presiden resmi melantik Hadi sebagai Panglima TNI, maka akan ada pergantian jabatan KSAU dan Wakil KSAU yang tentunya diiringi perubahan-perubahan jabatan di lingkungan TNI-AU lainnya.

Karena Panglima TNI nantinya adalah lulusan 86, maka Kasau pengganti Hadi Thajanto kemungkinan besar adalah Wakasau Marsdya TNI Yuyu Sutisna yang juga lulusan 86, dan itu tentu diiringi pergantian jabatan Wakasau pula.

Bila pengganti Marsdya Yuyu dari AAU 87 maka Gubernur AAU Marsda TNI Sri Mulyo Handoko bisa menjadi pilihan untuk menjadi Wakasau. Namun bisa saja Wakasau diambil dari AAU lulusan 86 lainnya.

Jabatan lain yang pasti akan berganti adalah Kasum TNI yang saat ini dijabat Laksdya TNI Didit Herdiawan, alumni AAL 84 dan pernah menjabat sebagai ajudan Presiden SBY.

Untuk jabatan Kasum TNI kemungkinan besar akan dijabat dari TNI-AD. Bila diambil dari lulusan 86 juga, maka ada beberapa nama jenderal bintang dua yang layak menduduki jabatan strategis itu, seperti Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Doni Monardo, Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI George E Supit yang sukses memimpin operasi pembebasan sandera di Kimbeli dan Banti, Papua.

Namun apabila jabatan Kasum TNI diambil dari Akmil 87 maka yang paling cocok dan pantas adalah Mayjen TNI M Herindra yang merupakan lulusan terbaik Akmil 87 peraih Adhi Makayaksa dan pernah menjabat sebagai Pangdam III Siliwangi. [nes]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA