Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gagalkan Penyelundupan Ganja, 12 Prajurid Yonif 432 Kostrad Dapat Penghargaan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 07 Desember 2017, 02:47 WIB
Gagalkan Penyelundupan Ganja, 12 Prajurid Yonif 432 Kostrad Dapat Penghargaan
Foto/Penerangan Kostrad
rmol news logo Sebanyak 12 prajurit TNI dari Pos Skamto Satgas Yonif PR 432 Kostrad mendapat penghargaan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Papua.

Penghatgaan tersebut lantaran prajurit Satgas Yonif PR 432 Kostrad telah banyak membantu Polres Keerom dalam mencegah penyelundupan dan peredaran narkoba jenis ganja yang berada di wilayah Kabupaten Keerom, Papua.

Dansatgas Yonif PR 432 Kostrad, Letkol Inf Ahmad Daud mengapresiasi penghargaan yang diberikan kepada anggotanya.

Menurut Ahmad, penghargaan tersebut merupakan motivasi yang tinggi kepada prajurit dalam melaksanakan tugas menjaga perbatasan NKRI.

Dengan penghargaan ini, sambung Ahmad kerjasama antara TNI, polri dan BNN akan semakin kuat.

"Kami sangat berterimakasih atas penghargaan ini, kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk selalu berkerjasama dengan instansi terkait dan tentunya dengan Polri dan BNN untuk bisa melakukan tindakan dan pencegahan penyelundupan dan peredaran Narkoba yang ada di wilayah ini," ujar Ahmad dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Rabu (6/12).

Dikesempatan yang sama, Bupati Keerom Celcius Watimena mengatakan kerjasama yang kuat antar TNI, Polisi dan BNN membuat wilayah pemerintahan yang dipimpinnya bebas dari penyelundupan narkoba.

Celcius menjelaskan panjang garis perbatasan antar negara diwilayah Keerom dengan Papua Nugini kurang lebih sepanjang 300 Km yang melintasi lima titik kecamatan.

Menurutnya, daerah tersebut menjadi titik rawan penyelundupan ganja dari Papua Nugini ke Indonesia melalui Keerom. Apalagi daerah tersebut memiliki banyak jalan yang harus terus dijaga dan dimonitor oleh aparat dilapangan.

Dengan adanya kerjasama yang kuat antara ketiga aparat keamanan telah membuktikan banyak menangkap dan menggagalkan penyelundupan maupun peredarannya.

"Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Keerom mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada jajaran Polres Keerom dan Satgas Pamtas Yonif PR 432 Kostrad yang juga melakukan upaya pencegahan secara persuasif dengan melakukan ceramah dan sosialisasi di masyarakat, di kampung-kampung dan sweeping diwilayah Kerom ini," ujar Celcius.

Sebelumnya, Satgas Pamtas RI-Papua Nugini dari Yon 432 Kostrad menggagalkan penyelundupan ganja yang dibawa tiga tersangka melalui berbagai wilayah di Kabupaten Keerom pada akhir Oktober 2017.

Ganja kering yang berhasil diamankan dari ketiga tersangka itu diperoleh saat anggota melakukan pemeriksaan di ruas jalan tran Papua yang melintasi kampung Tolong Distrik Arso.

Awalnya anggota mengamankan SP (27) mahasiswa yang membawa satu kilogram ganja, saat menuju Abepura dengan menggunakan angkutan umum. Kemudian anggota mengamankan Y (30) dan YN (28) yang membawa lima bungkus ganja seberat dua kilogram.

Ganja kering itu rencananya diedarkan di Sentani, setelah terlebih dahulu dikemas dalam plastik berbeda. [nes]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA