Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

TNI Gerakkan 22 Ribu Pelajar Papua Warnai Burung Garuda

Pecahkan Rekor MURI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Sabtu, 02 Desember 2017, 07:20 WIB
TNI Gerakkan 22 Ribu Pelajar Papua Warnai Burung Garuda
rmol news logo Biasanya, aparat militer di Papua akan sangat waspada menghadapi tanggal 1 Desember. Mereka pasti mengantisipasi kelompok-kelompok yang ingin memperingati deklarasi Papua Merdeka. Tapi, agak beda dengan tahun ini.

Kemarin (Jumat, 1/12), TNI disibukkan kegiatan yang dapat menumbuhkan semangat nasionalisme dan cinta tanah air di kalangan generasi penerus Papua. Sebanyak 17.205 orang siswa-siswi tingkat PAUD, TK, SD dan SMP di berbagai wilayah Provinsi Papua secara serentak ambil bagian dalam pencatatan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) dalam kegiatan "lomba mewarnai gambar Lambang Burung Garuda" yang diselenggarakan Kodam XVII/Cenderawasih.

"Lomba diselenggarakan di berbagai wilayah di seluruh Kodim yang berada di jajaran Kodam XVII/Cenderawasih," ujar Asterdam XVII/Cenderawasih, Kolonel Kav. Edward Sitorus.

Puncak acaranya, jelas Kolonel Edward Sitorus, akan dilaksanakan pada tanggal 8 Desember 2017. Di situ, Kodim 1702/Jayawijaya akan melibatkan 5.000 siswa-siswi yang ada di Kabupaten Jayawijaya dan sekitarnya untuk ikut mewarnai gambar lambang negara Burung Garuda di Stadion Pendidikan Wamena.

"Dengan tambahan 5.000 orang peserta lomba mewarnai yang ada di Wamena, maka Kodam XVII/Cenderawasih akan mencatatkan diri dalam Rekor Dunia MURI, mewarnai gambar Lambang Burung Garuda dengan total peserta terbanyak yang mencapai 22.205 orang," kata Asterdam yang bertindak sebagai Penanggung Jawab Kegiatan.

Kegiatan ini berawal dari gagasan Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI George Elnadus Supit, dan dilaksanakan di seluruh wilayah Kodam XVII/Cenderawasih.

Tujuan kegiatan ini digelar pada 1 Desember 2017 adalah sekaligus untuk menyambut Desember, yang disebut warga Papua sebagai Bulan Kasih, di mana umat Kristiani bersiap merayakan Natal.

"Dan berharap di Bulan Kasih ini semua orang bisa merasakan kedamaian dan kasih yang tercermin dalam kehidupan pribadinya, lingkungan keluarga, sekolah, teman-teman dan lingkungan bermasyarakat sekitarnya," ungkap Kolonel Sitorus.

Selain itu, ada semangat yang ingin dibangun di kalangan generasi muda di Papua, yaitu semangat semakin mencintai, lebih mengenal dan memahami serta lebih meningkatkan rasa nasionalisme sebagai warga NKRI.

"Dengan mewarnai gambar Lambang Burung Garuda, diharapkan anak anak dapat memaknai Pancasila sebagai ideologi negara yang merupakan anugerah dari Tuhan sebagai pemersatu seluruh anak bangsa yang terdiri dari beragam suku bangsa," kata Asterdam XVII. [ald]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA