Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dankormar Resmikan Yonmarhanlan XII

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/aldi-gultom-1'>ALDI GULTOM</a>
LAPORAN: ALDI GULTOM
  • Selasa, 28 November 2017, 20:03 WIB
Dankormar Resmikan Yonmarhanlan XII
rmol news logo Pembangunan pertahanan di wilayah perbatasan terus digenjot. Hari ini, Komandan Korps Marinir Mayjen TNI ( Mar) Bambang Suswantono, meresmikan pembentukan markas tempur terbaru, yakni Batalyon Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) XII di Mempawah Kalimantan Barat.

Yonmarhanlan XII merupakan Satuan Pelaksana Pasmar 2 Jakarta, yang dalam operasionalnya berada di bawah kendali Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) XII/Pontianak. Salah satu unsur organisasi satuan Lantamal adalah Yonmarhanlan sebagai bagian dari upaya pembangunan dan pembinaan kekuatan serta kemampuan Korps Marinir.

Peresmian Yonmarhanlan XII dilaksanakan di pusat kota Pontianak, tepatnya di Alun-alun Kapuas. Upacara ditandai dengan dentuman Meriam Howitzer Korps Marinir dan dilanjutkan penandatanganan naskah peresmian.

Dinas Penerangan Korps Marinir menerangkan, pembentukan kekuatan baru ini sebagai respons atas perkembangan lingkungan strategis yang dinamis dan multidimensional, khususnya dalam mengamankan wilayah perbatasan. Pembangunan ini juga realisasi program TNI AL untuk membentuk Satuan Marinir baru di Mempawah, Kalimantan Barat.

Dankormar menyampaikan bahwa letak Kota Pontianak sangat strategis bagi alur laut kepulauan Indonesia 1, sehingga sangat rawan akan tindakan pelanggaran di laut dan ancaman kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Dengan diresmikanya Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan XII Pontianak, diharapkan akan memberikan efek deterrent dari segala bentuk gangguan dan ancaman terhadap keutuhan wilayah NKRI, khususnya diwilayah Kalimantan Barat dan sekitarnya," ujar Bambang.

Fasilitas yang dibangun pada markas meliputi pembangunan gedung batalyon, gedung kompi markas, gudang senjata, rumah dinas, mess perwira, garasi angkutan, dermaga, dan lapangan tembak.

Dalam peresmian Yonmarhanlan XII ini, juga dilaksanakan demonstrasi kolone senjata dan terjun payung oleh prajurit Yontaifib-2 Mar serta pawai kendaraan tempur yang dimiliki Korps Marinir.

Gubernur Kalimantan Barat, Danlantamal XII Pontianak, Kasdam XII/Tanjung Pura, Danlanud Pontianak, Danpasmar 2, Walikota Pontianak, Walikota Singkawang, Bupati Landak, Wakil Bupati Sambas, Wakli Bupati Ketapang serta pemuka agama dan tokoh masyarakat hadir dalam peresmian itu. [ald]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA