Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Penolakan Gatot Oleh AS Insiden Terburuk Militer Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Senin, 23 Oktober 2017, 04:46 WIB
Penolakan Gatot Oleh AS Insiden Terburuk Militer Indonesia
Foto: Net
rmol news logo Penolakan otoritas imigrasi Amerika Serikat terhadap Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo adalah insiden terburuk bagi Militer Indonesia.

Begitu dikatakan Ketua Umum DPP Gerakan Muda Nurani Rakyat (Gemura), Oktasari Sabil dalam surat elektronik yang dikirimkan ke redaksi, Senin (23/10).

"Ini adalah penghinaan bagi bangsa Indonesia secara keseluruhan, karena TNI adalah tentara rakyat, tentara yang lahir dari rahim pergerakan dan perjuangan rakyat, santri dan ulama," jelasnya.

Pemerintah dalam hal ini Kemenlu RI, kata Oktasari, harus bersikap tegas dengan mengeluarkan nota protes diplomatik dengan tingkat tertinggi atas insiden penghinaan terhadap institusi negara yang jadi kebanggaan rakyat.

"Meski dubes Amerika sudah meminta maaf namun hal ini bagi kami tidaklah cukup. Gemura mendesak otoritas terkait di Amerika dalam hal ini Kemenlu Amerika harus memberikan penjelasan secara detail kepada Indonesia, karena rakyat saat ini bertanya-tanya," tegas dia.

Penjelasan resmi, kata Oktasari, penting agar publik tak menduga ada motif politik karena kedekatan Panglima dengan kelompok masyarakat sipil yang di beri cap radikal oleh Amerika Serikat, seperti yang sudah beredar di tengah rakyat.

"Gemura mendukung penuh Panglima TNI yang menggunakan semua saluran diplomatik melalui pemerintah untuk menyelesaikan persoalan ini secara bermartabat dan terhormat sebagai bangsa yang besar," tandasnya. [sam]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA