Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sebelum Reformasi, Polri Pernah Gunakan RPG

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Kamis, 28 September 2017, 14:25 WIB
Sebelum Reformasi, Polri Pernah Gunakan RPG
Setyo Wasisto/Net
rmol news logo Video yang memperlihatkan sekelompok pria berseragam seperti Polisi sedang berlatih menembak dengan senjata Pelontar Gramat Infantri (PGI) atau RPG ternyata sisa dokumentasi sewaktu Polri masih tergabung dalam ABRI.

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto menjelaskan video pria berseragam mirip polisi yang sedang berlatih menembak menggunakan PGI merupakan sisa-sisa dokumentasi sebelum reformasi. Kala itu, Polisi masih bergabung dengan ABRI, tentu saja latihannya mengggunakan senjata militer. Salah satunya PGI, senjata anti tank yang dipopulerkan oleh Uni Soviet.

Menurut Setyo, saat ini Polri sudah tidak lagi menggunakan senjata standart Militer tersebut karna berdasarkan aturan UU yang berlaku bagi Kepolisian. Setyo memastikan senjata sudah tidak dimiliki Polri.

"Sudah tidak punya kita, dan standartnya sudah tidak seperti itu kita sekarang" terang Setyo saat dihubungi wartawan, Kamis (28/9).

Terkait beredarnya video tersebut, Setyo menjelaskan pihaknya tidak mengetahui maksud dan kepentingan kemunculan video berdurasi satu menit itu. Setyo hanya memastikan latihan menggunakan PGI memang pernah dilakukan saat polri masih bagian dari ABRI.

"Saya dulu waktu letnan dua sampai mayor pegang (latihan) begitu juga" pungkas Jenderal bintang dua itu. [nes]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA