Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Marinir Indonesia Dan AS Latihan Bersama Di Situbondo

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/aldi-gultom-1'>ALDI GULTOM</a>
LAPORAN: ALDI GULTOM
  • Kamis, 07 September 2017, 16:59 WIB
Marinir Indonesia Dan AS Latihan Bersama Di Situbondo
Foto: Dinas Penerangan Korps Marinir
rmol news logo Korps Marinir TNI AL melakukan latihan bersama (Latma) dengan United States Marine Corps (USMC) untuk kesekian kalinya. Hari ini (Kamis, 7/9), Latma resmi dibuka di Pusat Latihan Tempur Korps Marinir Baluran, Karangtekok, Situbondo, Jawa Timur.

Marinir Exercise yang merupakan bagian dari latihan Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT) 2017 tersebut diawali dengan kedatangan prajurit USMC di pelabuhan Tanjung Wangi, Banyuwangi, pada 6 September 2017 dengan menggunakan kapal USNS Millinocket. Mereka kemudian bergeser menuju Puslatpur Baluran.

Dalam upacara tadi, Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat), Letkol Mar Prasetyo Pinandito, menyematkan tanda peserta latihan dan membacakan sambutan Asops KSAL Laksamana Muda TNI I.N.G.N Ary Atmaja.

Menurut Asops KSAL, Latihan Carat 2017 memiliki banyak arti penting, bukan cuma meningkatkan profesionalisme AL kedua negara, tetapi juga meningkatkan dan memperkuat hubungan baik antara AL Indonesia dan AL Amerika Serikat.

Dalam publikasi Dinas Penerangan Korps Marinir dijelaskan, Carat 2017 adalah implementasi lapangan dari kerja sama bilateral bidang pertahanan di antara dua negara, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas, profesionalisme dan kerjasama di bidang maritim. Fokusnya pada kerjasama dan kemampuan untuk melaksanakan operasi gabungan, operasi gabungan laut dan udara, latihan bersama keamanan laut dan kegiatan sosial.

Sementara itu, Letkol Mar Prasetyo Pinandito menjelaskan, materi latihan akan meliputi menembak senapan, menembak Mortir 60 mm, GPMG, Sniper, Jungle Survival, Pertahanan, Patroli dan Raid. Daerah latihannya yaitu di Puslatpur Korps Marinir Baluran dan Selogiri.

"Selain berlatih, juga akan dilaksanakan kegiatan olahraga bersama dan fun game, dengan tujuan untuk mempererat Marines Brotherhood," jelas Prasetyo. [ald]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA