Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kejuaraan Tembak Piala KSAD Muluskan Regenerasi Yang Macet

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/aldi-gultom-1'>ALDI GULTOM</a>
LAPORAN: ALDI GULTOM
  • Senin, 21 Agustus 2017, 16:32 WIB
Kejuaraan Tembak Piala KSAD Muluskan Regenerasi Yang Macet
Foto: Dispenad
rmol news logo Hari ini, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono resmi membuka kejuaraan Lomba Tembak Piala KSAD tahun 2017. Kegiatan berlangsung di Lapangan Tembak Divisi Infanteri I Kostrad Cilodong, Depok, Jawa Barat.

Kejuaraan ini direncanakan berlangsung selama delapan hari, mulai 18 sampai 25 Agustus. Ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan sebagai bagian dari evaluasi hasil pembinaan latihan prajurit dan satuan jajaran TNI AD, khususnya di bidang menembak.

Kejuaraan ini juga sesuai dengan slogan yang sering dikumandangkan KSAD kepada para prajurit dalam setiap kunjungan ke satuan-satuan TNI AD yaitu "Prajurit harus disiplin, jago perang, jago tembak, jago beladiri, dan memiliki fisik yang prima".

Dalam amanatnya, KSAD mengajak jajarannya untuk jujur mengakui bahwa proses regenerasi masih belum berjalan dengan optimal. Salah satu buktinya, tim menembak TNI AD dalam kejuaraan internasional masih didominasi oleh para petembak lama. Melalui kegiatan Lomba Tembak Piala KSAD ini, diharapkan muncul petembak-petembak baru dengan prestasi yang baik agar dipersiapkan sebagai atlet untuk Lomba Tembak Internasional di masa depan sebagai bagian dari proses regenerasi.

"Selain merupakan keterampilan perorangan yang mutlak dikuasai, menjadi jago tembak juga harus menjadi dambaan dan kebanggaan seorang prajurit sejati. Mahir menembak merupakan salah satu parameter seorang prajurit professional," tegas KSAD, tertulis dalam rilis Dispenad.

Dalam kejuaraan ini ada empat materi lomba yang akan dipertandingkan, yaitu materi tembak senapan, tembak pistol, tembak senapan otomatis dan karaben. Pesertanya berasal dari 18 satuan tingkat Kotama yaitu Divisi 1 Kostrad, Divisi 2 Kostrad, Kopassus, Kodam I/BB, Kodam II/SWJ, Kodam III/SLW, Kodam IV/DIP, Kodam V/BRW Kodam VI/MLW, Kodam IX/UDY, Kodam XII/TP, Kodam XIII/MDK, Kodam XIV/HSN, Kodam XVI/PTM, Kodam XVII/CEN, Kodam XVIII/Kasuari, Kodam IM, dan Kodam Jaya.

Peserta lomba dari seluruh Kotama berjumlah 447 orang, dengan rincian 90 orang peserta di kelas pistol Pa Kotama eksekutif, 90 orang senapan, 54 orang pistol putra, 51 orang pistol putri, 54 orang tembak pistol karaben, dan 72 orang peserta di kelas tembak senapan otomatis , 36 orang tembak runduk.

Juara umum akan menerima penghargaan dan piala bergilir dari KSAD. Tahun lalu, yang keluar sebagai juara umum lomba tembak Piala KSAD adalah kontingen petembak dari Kopassus. [ald]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA