Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Komnas HAM: Aktor Penembakan Di Deiyai Harus Bertanggung Jawab!

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 03 Agustus 2017, 11:42 WIB
Komnas HAM: Aktor Penembakan Di Deiyai Harus Bertanggung Jawab<i>!</i>
Manejer Nasution/Net
rmol news logo Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyampaikan turut berbelangsungkawa dan mengutuk keras peristiwa penembakan yang terjadi Selasa (2/8) lalu terhadap warga Kampung Deiyai di Papua.

"Menurut warga korban tertembak sebanyak 17 orang," kata komisioner Komnas HAM, Maneger Nasution melalui siaran persnya, siang ini (Kamis, 3/8).

Maneger menyatakan, wajib hukumnya bagi Komnas HAM untuk turun ke lapangan memantau kasus tersebut. Selain itu Komnas HAM mendorong kepolisian harus segera mengusut kasus penembakan itu sampai tuntas secara profesional dan independen.

"Siapapun pelakunya, apapun motifnya, dan siapa pun aktor intelektualnya harus dimintai pertanggungjawaban," tegasnya.

Dengan adanya tragedi itu, menurut dia, Presiden Jokowi sejatinya kembali mengambil insiatif untuk memimpin penyelesaian kasus-kasus kemanusiaan di Tanah Papua secara dialogis, damai, menyeluruh dan bermartabat dalam kerangka NKRI yang sejati.

"Sekali lagi bersegeralah sebelum terlambat. Masalah-masalah Papua sudah mendekati 'Magrib'. Sejarah NKRI di Tanah Papua menuntut bukti. Semoga masih ada waktu," pintanya.[wid]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA