Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ulama Sepuh Kharismatik Ajak Umat Doa Bersama 171717

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Selasa, 18 Juli 2017, 11:30 WIB
rmol news logo Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-72 tahun, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menginisiasi gerakan Indonesia Kasih sayang.

Gerakan itu dinamai 171717, yang artinya diadakan pada 17 Agustus 2017. Nantinya masyarakat dari semua agama akan dikumpulkan di seluruh markas TNI, baik di pusat maupun daerah untuk doa bersama selama satu jam dari pukul 17.00 sampai 18.00.

Kyai sepuh dari Nusa Tenggara Barat (NTB), Tuan Guru Haji Lalu Muhammad Turmudzi Badaruddin pun mengajak umat Islam di Indonesia ikut serta dalam gerakan 171717.

"Indonesia tengah mendesak butuh Allah dalam menyesaikan masalah-masalahnya. Kita punya Sila Ketuhanan. Kita maksimalkan itu. Kita berdoa berjamaah serempak pada-Nya di waktu mustajab menjelang Maghrib," kata Tuan Guru Haji Lalu.

Doa bersama dilakukan dalam bentuk membaca ayat suci secara hafalan atau disebut murojaah. Lalu ditutup dengan salat magrib berjamaah dan doa.

"Jadi ini bukan khataman biasa. Yang baca adalah para hafizh Alquran. Dan yang tidak hafal Alquran membaca ayat apa saja yang hafal. Karena setiap yang bisa alat pastinya punya hafalan. Minimal surah Al-Fatihah dia hafal. Maka baca Al-Fatihah itu berulang selama satu jam," kata Habib Ali bin Sahil saat dikomfirmasi di kediamannya di daerah Slipi, Jakarta Barat.

Sesuai temanya, yaitu kasih sayang, menurut habib sekaligus kyai sepuh Jakarta itu, dalam bahasa Arab disebut rahmat.

"Alquran adalah kitab kasih sayang karena merupakan perwujudan dari rahmat Allah Subhannallah Wa ta'ala terbesar di balik nama-Nya, Al-Rahman. Ayat hafalan adalah ayat yang sudah bersentuhan dengan hati pembacanya dan paling sering diucapkan sehinga lebih kasih sayang. Berdoa dengan membacanya sangat mustajab," tutur habib Ali.

Hal senada disampaikan pula oleh KH Ahmad Syahid Bandung, KH Anas Arsyad Buntet Cirebon, Muallim KH Hamdan Khalid Amuntai Banjarmasin Kalimantan Selatan, KH Soleh Qosim Sidoarjo Jawa Timur, KH Abuya Muhtadi Dimyati Banten.

Kegiatan bukan dipusatkan di markas-markas atau satuan-satuan TNI seluruh Indonesia.

Bagi yang tidak terdaftar atau tidak sempat mendaftar, dapat mengikuti gerakan 171717 di mana saja berada, baik perseorangan maupun kelompok pada jam yang sama. Lalu mengupload foto atau video kegiatannya di media sosial dengan hastage #Indonesia_LebihKasihSayang.[wid]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA