Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Fadli Zon Ragukan Kemampuan TNI Tumpas Teroris Di Marawi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Senin, 03 Juli 2017, 18:00 WIB
Fadli Zon Ragukan Kemampuan TNI Tumpas Teroris Di Marawi
Fadli Zon/net
rmol news logo Pemerintah Philipina kabarnya mengundang Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk membantu mengatasi konflik bersenjata di Marawi, Filipina selatan.

Dimintai pendapatnya soal itu, Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menilai pelibatan TNI dalam pemberantasan terorisme di negeri tetangga itu merupakan perkara yang kelihatannya gampang. Namun katanya hal itu tak mudah dilakukan.

"Pelibatan TNI itu kan perkara yang kelihatannya gampang tapi tidak semudah itu untuk dilakukan," katanya saat ditemui di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (3/7).

Hal itu menurutnya karena pihak TNI sama sekali tak tahu bagaimanakah medan pertempuran disana. Fadli mengakui jika di masa lalu TNI memang pernah menjadi penengah antara konflik yang ada di sana, yakni di daerah Mindanau, Zamboanga, kota Bato dan lain-lain.

"Tapi kalau yang sekarang kan pelibatan secara fisik dan untuk kasus yang spesifik seperti ini bukan di bawah PBB yang punya SOP yang jelas ini perlu dipikirkan apakah kita siap dan mampu? Karena kita sendiri punya sejumlah masalah," urainya.

Fadli pun mengaku khawatir jika TNI membantu Philipina dalam menumpas teroris, maka Indonesia akan semakin rentan dengan serangan yang dilakukan oleh pelaku teror.

"Saya kira kalau misalnya pihak Philipina mau minta bantuan harusnya jangan hanya ke Indonesia tapi join. Misalnya ASEAN kah. Jadi beberapa kontingen dari negara ASEAN karena punya kesamaan untuk membersihkan di wilayah Asia tenggara untuk terorisme, sama-sama membentuk kerjasama. Saya kira itu akan lebih bagus," demikian Fadli.[san]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA