Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Panglima TNI Bantah Akan Gempur Basis ISIS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 23 Juni 2017, 16:11 WIB
Panglima TNI Bantah Akan Gempur Basis ISIS
Suhardi Alius, Gatot Nurmantyo, dan Retno Marsudi/Puspen TNI
rmol news logo Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mendampingi Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi sekaligus menghadiri acara trilateral meeting dengan Filipina dan Malaysia di Conrad Hotel, Manila, Filipina, Kamis (22/6).

Dalam pertemuan membahas perkembangan situasi pasca serangan kelompok teroris di Marawi serta menyepakati upaya kolektif ketiga negara menanggulangi terorisme di kawasan Asia Tenggara itu, Menlu juga didampingi oleh Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Suhardi Alius.

Hadir pula Menlu Filipina Alan Peter Schramm Cayetano dan Menlu Malaysia Dato Sri Anifah Aman.

"Pada pertemuan tersebut, Filipina menyampaikan perkembangan situasi yang ada di Marawi saat ini, kemudian masing-masing pihak tiga negara juga menyampaikan mengenai masalah situasi di dalam negerinya. Ancaman-ancaman, dalam hal ini masalah kelompok-kelompok radikalisme dan terorisme dan yang paling penting adalah bagaimana ketiga negara ini mengembangkan kerja sama trilateral," papar Retno usai Trilateral Meeting di hadapan awak media.

Lebih lanjut Menlu Retno menyatakan bahwa kerja sama yang akan ditindaklanjuti tiga negara seperti tertuang dalam joint statement yang meliputi beberapa bidang. Kerja sama itu selanjutnya didetailkan dalam bentuk plan of action yang akan dibahas tingkat Senior Official Meeting (SOM).  

"SOM akan bersidang atau bertemu di Indonesia, waktunya akan ditentukan secepat mungkin dan setelah itu akan ada pertemuan di tingkat menteri pada bulan Oktober dan Indonesia akan menjadi tuan rumah dalam pertemuan tersebut," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Panglima TNI mengatakan bahwa SOP Patroli Laut Bersama Indonesia-Filipina-Malaysia yang ditandatangani di Tarakan pada 19 Juni 2017 lalu dapat menciptakan pondasi yang kuat bagi upaya bersama menanggulangi terorisme di kawasan perbatasan ketiga negara.  

"Saya sudah berbicara dengan Pangab Filipina dan Malaysia terkait Forum Intelijen Bersama yang akan dilaksanakan setiap bulan, intinya selalu meng-update pertukaran informasi intelijen terkait dengan perkembangan-perkembangan, khususnya perkembangan teroris yang di Marawi. Dan ini akan dilanjutkan dengan latihan-latihan tiga angkatan bersenjata trilateral dan  pasukan khusus, sehingga kita punya perspektif yang cepat," tutur Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Sementara itu, menjawab pertanyaan wartawan di Manado terkait wacana untuk pasukan TNI menggempur basis ISIS, Panglima TNI tegas menepisnya.

"Tidak ada, tidak ada. Kepolisian Indonesia bersama TNI sudah menebalkan pulau-pulau yang menghubungkan dari daerah Marawi sampai ke Bitung, Morotai dan Tarakan, kemudian juga Patroli Angkatan Laut dan Angkatan Udara bersama-sama juga dengan Kepolisian. Ini yang kita lakukan," terangnya.[wid]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA