Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

362 Tamtama Remaja Korps Marinir Resmi Berbaret Ungu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/aldi-gultom-1'>ALDI GULTOM</a>
LAPORAN: ALDI GULTOM
  • Sabtu, 08 April 2017, 08:03 WIB
362 Tamtama Remaja Korps Marinir Resmi Berbaret Ungu
rmol news logo Komandan Korps Marinir, Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, menyematkan baret ungu kepada 362 Tamtama Remaja Korps Marinir.

Pembaretan berlangsung di Pantai Nganteb, Malang Selatan, Jawa Timur, pada Jumat malam (7/4). Demikian berita yang disampaikan Dinas Penerangan Marinir.

Tamtama Remaja Angkatan XXXVI/I resmi menyandang "Baret Ungu" setelah berhasil menyelesaikan Kursus Tamtama Remaja di Komando Latih Korps Marinir (Kolatmar) selama satu bulan. Sebelumnya mereka telah lulus dari Komando Pendidikan Marinir Kodiklatal.

Kegiatan itu dihadiri juga oleh antara lain Wadan Kodiklatal Brigjen TNI (Mar) Kasirun Situmorang, Kasgartap III Surabaya Brigjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto, Komandan Pasmar-1 Brigjen TNI Lukman, S.T., M.Si (Han), Komandan Pasmar-2 Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, Aspers Dankormar Kolonel Marinir Endang Taryo, Komandan Kolatmar Kolonel Marinir Wurjanto, Komandan Puslatdiksarmil Kolonel Marinir Nuri Djatmiko, serta Dankodikmar Kolonel Marinir I Wayan Ari Wijaya.

Sebelum pelaksanaan upacara pembaretan, terlebih dahulu dilaksanakan demontrasi ketangkasan bela diri militer oleh 362 Tamtama Remaja Korps Marinir.

Dalam amanatnya, Komandan Korps Marinir mengatakan, upacara pembaretan merupakan salah satu bentuk kegiatan tradisi Korps Marinir. Pembaretan adalah implementasi pembinaan kultural, dan juga sebagai momentum penting yang memiliki nilai historis dalam perjalanan karir setiap prajurit Korps Marinir.

Dikatakan juga oleh Komandan Korps Marinir bahwa pemakaian baret ungu Korps Marinir tidak hanya sebagai simbol identitas prajurit, namun mengamanahkan tuntutan agar prajurit selalu menjaga kehormatan dan kebanggaan Korps dalam rangka pengabdian kepada negara dan bangsa. Konsekuensinya, mereka wajib dan bertanggung jawab mutlak untuk berperilaku dan bertindak sesuai nilai-nilai luhur dan kehormatan Korps Marinir.

"Mulai saat ini harus kalian tumbuhkan dan dipupuk kesadaran bahwa kalian semua adalah prajurit-prajurit profesional yang memiliki karakter, dengan menjunjung nilai-nilai luhur kebenaran dan kejujuran serta rela untuk berkorban demi kepentingan bangsa dan negara," tegas Dankormar.

Sebelum mengakhiri amanatnya Komandan Korps Marinir menyampaikan beberapa penekanan kepada Tamtama Remaja agar dijadikan pedoman dalam melaksanakan tugas. Pertama, meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar dalam setiap langkah pengabdian kepada bangsa dan negara selalu mendapat petunjuk, bimbingan serta ridho dan berkah Tuhan.

Kedua, memegang teguh jati diri prajurit Korps Marinir, yang memiliki disiplin tinggi,pejuang tanpa pamrih serta mempunyai kebanggaan yang besar terhadap Korps.

Ketiga, memelihara nilai-nilai luhur dan tradisi Korps Marinir dengan baik, sebagai prajurit Matra Laut TNI AL yang selalu setia kepada Negara dan Bangsa Indonesia. Keempat, meningkatkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh, agar bisa lebih berkembang sehingga dapat bermanfaat bagi diri sendiri, bangsa dan negara.

Kelima, menumbuhkan kekompakan dan jiwa korsa, kebersamaan dan soliditas baik sesama TNI-Polri maupun dengan masyarakat. [ald]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA