Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Besan Mantan Panglima Moeldoko Meninggal Dunia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/aldi-gultom-1'>ALDI GULTOM</a>
LAPORAN: ALDI GULTOM
  • Senin, 27 Maret 2017, 08:45 WIB
Besan Mantan Panglima Moeldoko Meninggal Dunia
Mayjen Toto Rinanto Soedjiman/Net
rmol news logo Kabar duka datang dari dunia militer Indonesia yang kehilangan salah satu putra terbaiknya.

Perwira tinggi aktif yang bertugas di TNI Angkatan Darat, Mayjen Toto Rinanto Soedjiman meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta pada Minggu (26/3) malam.

Mantan Panglima Kodam XII/Tanjungpura itu mengembuskan napas terakhir karena menderita sakit. Jenazah akan disemayamkan di rumah duka Jalan Pirus No A6 Perumahan Kemang Pratama Regensi, Bekasi.

Duka ini secara khusus juga dirasakan oleh mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Moeldoko. Sebab, Toto merupakan besan dari Moeldoko.

Putri Toto, Rasyula Andari merupakan istri putra pertama Moeldoko, Randy Bimantoro. Keduanya menikah di Jakarta International Expo PRJ Kemayoran, Jakarta, pada 29 November 2014 lalu.

“Saya rasa ini bukan hanya kesedihan bagi keluarga besar kami. Ini juga kehilangan yang besar bagi semuanya. Beliau adalah sosok yang sangat baik, tidak hanya secara personal, tapi juga dalam setiap menjalankan tugasnya,” terang Moeldoko dalam keterangan tertulisnya, Senin (27/3).

Toto menamatkan Akademi Militer pada 1984. Dia kemudian menjabat sebagai Danton Yonif-320 Kodam VI Siliwangi pada tahun yang sama.

Setelah itu, beberapa posisi penting di lingkup TNI juga telah diembannya. Di antaranya, Pamen Kodam Jaya (Dik Seskoad) 1996, Danrindam Jaya 2007, Pangdam Tanjungpura 2014 dan terakhir staf khusus KSAD 2016.

Putra mantan Gubernur Kalimantan Barat Mayor Jenderal TNI (Purn) Soedjiman itu juga pernah mengikuti beberapa operasi militer. Di antaranya, Operasi Seroja Timor-Timur, Operasi DOM Irian, Operasi Pengamanan Perbatasan RI-PNG, dan Operasi Pengamanan Perbatasan RI-Malaysia.

Selama berkarier di dunia militer, Toto mendapat beberapa tanda jasa. Di antaranya Bintang Kartika Eka Paksi Pratama, Bintang Yudha Dharma Nararya, Bintang Kartika Eka Paksi Nararya, dan Satya Lencana Dharma Santala.

“Beliau sosok yang layak dijadikan inspirasi. Dedikasi, loyalitas, kerja keras maupun kepribadiannya sangat mengagumkan. Sulit menemukan sosok dengan karakter seperti beliau,” tambah Moeldoko.

“Saya mewakili keluarga meminta maaf kepada semua pihak jika beliau memiliki kesalahan selama hidupnya. Kami juga meminta doa agar almarhum mendapat tempat yang layak di sisi Allah,” kata pemilik Bintang Adhimakayasa 1981 itu.

Menurut rencana, jenazah Toto akan dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Senin (27/3) siang. [ian]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA